4 Indikator Pertumbuhan Ekonomi Negara : Pengertian dan Ciri – Cirinya Lengkap

Posted on
4 Indikator Pertumbuhan Ekonomi Negara : Pengertian dan Ciri – Cirinya Lengkap
5 (100%) 1 vote[s]

Pengertian, Ciri dan Indikator Pertumbuhan Ekonomi Negara

Indikator pertumbuhan ekonomi – setiap Negara tentu akan selalu berusaha dalam mencapai pertumbuhan ekonomi secara optimal untuk membawa negaranya pada kehidupan yang lebih baik. Setiap pemerintahan akan melakukan pengukuran keberhasilan perekonomian bangsanya dengan beragam metode maupun indikator yang sangat representative pada perubahan perekonomiannya. Pembahasan kali ini mempelajari tentang indikator pertumbuhan ekonomi. Sebelumnya kita akan mengulas dulu tentang pengertian dari pertumbuhan ekonomi, berikut simak ulasan lengkapnya dibawah ini :

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi Negara

Istilah dari pertumubuhan ekonomi kerap sekali dipakai untuk menyatakan perkembangan ekonomi, kemajuan ekonimi, kesejahteraan ekonomi serta perubahan fundamental ekonomi dalam jangka panjang suatu Negara.

Pertumbuhan ekonomi (economic growth) ialah pertambahan pendapatan nasional agregatif maupun pertambahan output dalam suatu peridoe tertentu, seperti satu tahun. Dalam arti lain, yakni pertumbuhan ekonomi ini akan menunjukkan peningkatan kapasitas produksi dalam barang dan jasa dengan fisik pada kurun waktu tertentu.

Sebenarnya, di dalam kegiatan ekonomi ini, pertumbuhan ekonomi menunjukkan bahwa peningkatan dengan fisik pada produksi barang dan jasa sudah berlaku di suatu Negara. Peningkatan tersebut bisa dilihat dari bertambahnya suatu produksi barang industry, bertambahnya jumlah sekolah, berkembangnya infrastukur, bertambahnya produksi barang modah serta bertambahnya sektor jasa.

Setiap Negara nantinya akan selalu berupaya dalam mencapai pertumbuhan ekonomi secara optimal guna membawa negaranya pada kehidupan yang lebih baik lagi. Setiap pemerintahan ini akan mengukur keberhasilan perekonomian bangsanya dengan beragan metode maupun indikator yang sangat representative pada perubahan ekonominya. Hal tersebut pastinya untuk mengetahui kerja elemen di pemerintahan serta seluruh pihak yang berkepentingan.

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi Menurut Para Ahli

Sesudah kalian mengetahui pengertian pertumbuhan ekonomi pada umumnya, berikut akan dibahas pengertian pertumbuhan ekonomi berdasarkan pendapat sejumlah para ahli, diantaranya :

  1. Budiono (1994)
    Pertumbuhan perkapita berdasarkan pendapatanya yakni sebuah proses dari pertumbuhan output perkapita yang berjangka panjang dan terjadi jika terdapat kecenderungan atau output perkapita untuk naik yang bersumber dari proses intern perekonomia itu (kekuaran yang ada di dalam perekonomian tersebut sendiri).
    Bukan yang bersifat sementara dan berasal dari luar. Atau dalam bahasa lainnya bersifat self generating yang berarti bahwa proses pertumbuhan tersebut menghasilkan sebuah kekuatan maupun momentum guna kelanjutan pertumbuhannya sendiri di periode berikutnya.
  2. Sadono sukirno
    Pengertian pertumbuhan ekonomi ialah perubahan tingkat aktivitas ekonomi yang berlaku di tahun ke tahun. Jadi, untuk mengetahuinya perlu dilakukan perbandingan pendapatan nasional di tahun ke tahun atau dikenal sebagai laju pertumbuhan ekonomi.
  3. M.P todaro
    Menurut pendapat dari M.P Todaro, menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi merupakan proses mantap kapasitas produksi yang dari suatu perekonomian meningkat di sepanjang waktu guna menghasilkan tingkat pendapatan nasional semakin besar.
  4. Prof. simon kuznet
    Menurut pendapat beliau ialah kenaikan angka panjang pada kemampuan suatu perekonomian suatu Negara guna menyediakan jenis barang yang banyak untuk penduduknya, dengan kemampuan tersebut tumbuh kemajuan teknologi dan penyesuaian kelembagaan serta ideologis yang dibutuhkan.
Baca Juga :   Teks Proklamasi Asli Kemerdekaan Indonesia Lengkap

Ciri-Ciri Pertumbuhan Ekonomi

Ada sejumlah ciri pertumbuhan ekonomi, yakni :

  1. Laju pertumbuhan penduduk serta produk per kapita
  2. Meningkatnya produktivitas
  3. Laju perubahan structural tinggi
  4. Adanya urbanisasi
  5. Ekspensasi negara maju

Indikator Pertumbuhan Ekonomi

Indikator dari pertumbuhan ekonomi ini adalah sebagai berikut :

  1. Indikator pendapatan nasioal riil
    Indikator yang pertama ini dipakai diberbagai Negara guna menilai perkembangan ekonomi yakni perubahan pendapatan nasional riil pada jangka waktu yang panjang. Pendapatan nasional riil ini menunjukkan output dengan keseluruhan dari berbagai barang jadi serta jasa suatu Negara.
    Negara bisa dikatakan perekoomiannya tumbuh bila naiknya pendapatan nasional riil dari periode sebelumnya. Tingkat pertumbuhan ekonomi ini dihitung mulai dari bertambahnya pendapatan nasional rill yakni produk nasional bruto riil yang pemberlakuannya dari tahun ke tahun.
  2. Indikator pendapatan riil per kapita
    Indikator yang kedua ini bisa dipakai guna menilai perkembangan ekonomi yaitu pendapatan riil per kapita pada jangka waktu panjang. Ekonomi suatu Negara bisa disebut degan tumbuh bila pendapatan masyarakat ini menigkat dari waktu ke waktu.
  3. Indikator kesejahteraan penduduk
    Indikator yang ketiga pun bisa dipakai untuk mengukur perkembangan ekonomi yakni nilai dari kesejahteraan penduduknya. Terjadinya peningkatan pada kesejahteraan material ini secara terus menerus serta berjangka panjang. Hal tersebut bisa ditinjau dari lancarnya distribusi barang dan juga jasa. Distribusi yang lancar akan menunjukkan bahwa distribusi pendapatan per kapita di semua wilayah Negara. Peningkatan kesejahteraan ini dialami dengan merata di seluruh kawasan. Maka tingkat kesejahteraan ini bisa diukur menggunakan pendapatan riil per kapita.
  4. Indikator tenaga kerja serta pengangguran
    Indikator yang terakhir ini bisa dipakai untuk menilai dari pertumbuhan ekonomi, yakni jumlah tenaga kerja serta tingkat dari pengangguran. Pengangguran ialah selisih antara angkatan kerja dengan pemakaian tenaga kerja yang sebenarnya/ riil. Angkatan kerja ialah jumlah tenaga kerja yang ada di dalam suatu perekonomian di suatu waktu tertentu. Sebuah Negara bisa disebut sebagai Negara berkembang bila sudah mencapai tingkat penggunaan tenaga kerja yang maksimalnya/ berkesempatan kerja penuh bila tingkat dari pengangguran ini kurang dari 4%.

Jadi, kesimpulan yang bisa diambil dari pembahasan diatas bahwa setiap pemerintahan suatu Negara tentu akan berusaha mencapai pertumbuhan ekonomi secara optimal dengan membawa bangsanya di kehidupan yang lebih baik, salah satu cara tersebut dengan mengukur sebuah keberhasilannya dalam perekonomian Negara melalui indikator pertumbuhan ekonomi. Semoga bermanfaat.

Baca juga: