3 Pengertian Referensi Beserta Definisnya Menurut Para Ahli

3 Pengertian Referensi Beserta Definisnya Menurut Para Ahli
Rate this post

3 Pengertian Referensi Beserta Definisnya Menurut Para Ahli

Pengertian Referensi Menurut Para AhliPengertian referensi Merupakan rangkaian kata yang di tuangkan ke dalam tulisan mengenai berbagai informasi pada sebuah buku yang ditinjau dan memiliki nilai dari sejumlah sumber penulisannya. Pada sebuah referensi berisi lebih dari satu informasi seperti layaknya penulis atau pengarang, nama buku, tahun buku dan tahun terbit buku tersebut. Jika di uraikan ke dalam bahasa bahasa Inggris yang berarti refer to yang mana memiliki arti di tujukan atau merujuk. Jadi bisa kita simpulkan bahwasnya referensi memiliki arti yakni rujukan yang terkait dengan sejumlah informasi pada buku atau sumber terkait.

Sedangkan Referensi bisa di artikan adalah rujukan pada sebuah atau lebih bertujuan untuk informasi yang dikerjakan oleh seseorang atau pustakawan sebagai pendukung orang tersebut untuk mendapatkan informasi yang di butuhkan. Umumnya Referensi di pergunakan sebagai kepentingan penelitian atau study. Referensi dapat diartikan berupa bahan informasi atau merupakan bahan rujukan yang terpercaya dan bisa di gunakan sebagai dukungan untuk lebih baik. jadi,Jika anda adalah seorang penulis dan membuat sebuah karya ilmiah dengan menggunakan referensi yang lengkap maka karya ilmiahnya tersebut akan menjadi lebih baik dan berkualitas.

Lalu, Buku referensi memiliki arti hal yang sangat penting untuk ditulis terakit dengan suatu karya ilmiah berupa jurnal, buku, makalah, artikel, majalah, skripsi, tesis, seminar dan lainnya. Referensi bisa di katakan hal yang wajib ditulis pada pembuatan suatu karya ilmiah.Jika seorang penulis melampirkan referensi maka penulis karya ilmiah tersebut  tidak termasuk kedalam kejahatan penelitian. Dengan adanya Referensi akan semakian memudahkan pembaca agar mereka mampu menelusuri sumber asli pada suatu karya ilmiah. Dengan menggunakan referensi tentu akan mendukung seorang penulis dalam mengurangi tanggung jawabnya ketika terjadi kesalahan terhadap teori yang digunakannya, Karena pembaca bisa langsung merujuk pada referensi yang ditunjukkan oleh penulis tersebut.

Dengan membaca mengenai Pengertian Referensi di atas maka bisa di simpulkan bagi seorang penulis Refrensi sangat penting dan di butuhkan, agar karya ilmiah yang di tulisnya tersebut menjadi semakin baik, memudahkan pembaca merujuk sumber Refrensi tersebut, dan dapat mengurangi tanggung jawab jika terjadi kesalahan dalam penulisan. Semoga Bermanfaat

Baca Juga :

3 Pengertian Referensi Beserta Definisnya Menurut Para Ahli | saranailmu | 4.5
Shares