25 Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli Terlengkap

Posted on
25 Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli Terlengkap
Rate this post

25 Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli – Sebenarnya demokrasi sudah kita kenal sejak lama, dimana pada awalnya demokrasi muncul sekitar abad ke-5 sebelum masehi yakni di Athen dan Yunani. Karena demokrasi sendiri berasal dari 2 suku kata dari bahasa yunani yakni Demos (Rakyat) sedangkan satunya lagi adalah kratos atau cratein (pemerintahan). Sehingga Demokrasi bisa di artikan pemerintah rakyat, atau dengan kata lainnya yakni pemerintahan berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Dengan adanya konsep tersebut hingga kini menjadi suatu indicator terhadap perkembangan politik di berbagai Negara.

Walaupun saat ini pemerintahan dengan system demokratis menjadi sebuah pemerintahan yang terbaik, namun menurut dari 2 tokoh ahli dunia yunani kuno yakni plato dan Aristoteles menyatakan bahwasnya pada pemerintahan demokrasi tersebut ada potensi yang menyebabkan kemungkinan terjadi kekerasan (anarki), sehingga mereka menganggap Demokrasi bukanlah system pemerintahan yang baik. Sedangkan menurut Plato bahwasanya bentuk system pemerintahan yang baik adalah monarkhi, yang mana pada system monarkhi tersebut secara keseluruhan perintah pada suatu Negara di berikan oleh raja yang mana kekuasaannya akan di abdikan untuk kepentingan semua rakyat.

Pengertian Demokrasi menurut Para Ahli

Jika di artikan, sebenarnya Demokrasi memiliki arti cukup luas, dimana pada setiap para ahli menerangkannya berbeda-beda baik itu di lihat dari segi sumber ilmu pengetahuan dan kemudian di rangkum sehingga menjadi Pengertian Demokrasi Secara Luas.

Untuk lebih jelasnya anda bisa simak dan membaca beberapa pengertian demokrasi dari beberapa para ahli berikut ini.

1. Pengertian Demokrasi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Mengutip sebagian dari laman situs KBBI, demokrasi memiliki 2 pengertian, yakni.

  • Demokrasi adalah sebuah bentuk atau system yang di gunakan pada pemerintahan yang mana semua rakyat ikut andil dalam memerintah yakni lewat perantara wakil-wakil terpilih yang mereka pilih.
  • Demokrasi berupa suatu gagasan atau pandangan hidup yang mementingkan persamaan hak serta kewajiban, dan memberikan perlakukan yang sama terhadap semua warga negaranya.

2. Pengertian Demokrasi Menurut Abraham Lincoln

Seperti yang pernah di sampaikan pada pidato Gettyburgnya, Abraham Lincoln yang menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat yang ke-16 pada waktu itu menerangkan bahwsanya demokrasi bisa di artikan sebagai suatu system pemerintahan yang di lakukan oleh rakyat, dari rakyat dan untuk rakyat. Sehingga dari pengertian tersebut dapat di simpulkan bahwsanya rakyat adalahs sebagai pemegang kekuasaan tertinggi pada suatu pemerintahan, yang mana pada setiap masing-masing dari mereka tersebut mempunyai hak untuk mendapatkan kesempatan dan hak dalam bersuara yang sama demi untuk mengatur kebijakan pemerintahan. Pada system demokrasi, semua keputusan di tentukan dari hasil suara terbanyak.

3. Pengertian Demokrasi Menurut H. Harris Soche (Yogyakarta : Hanindita, 1985)

Demokrasi adalah suatu bentuk dari pemerintahan rakyat. Maka dalam arti lainnya Rakyat atau Masyarakat banyak adalah sebagai pemegang kekuasaan penuh pada suatu pemerintahan. Rakyat mempunyai hak dalam mengatur, mempertahankan dan melindungi diri mereka dari berupa paksaan oleh wakil-wakil mereka yakni orang-orang atau badan yang serahkan wewenangnya untuk dapat memerintah.

4. Pengertian Demokrasi Menurut Hannry B. Mayo

Pada demokrasi, sebuah kebijakan umum di tentukan oleh dasar mayoritas atau oleh berbagai wakil yang secara efektif diawasi oleh rakyat lewat berbagai macam pemilihan yang di lakukan atas dasar prinsip politik yang sama dan di lakukan di dalam suasana yang mana kebebasan politik tersebut terjadi.

5. Pengertian Demokrasi Menurut Charles Costello

Dilihat dari segi kontek kontemporer, Demokrasi dapat di artikan sebagai suatu system social dan politik pemerintahan diri dengan berbagai kekuasaan pemerintah yang di batasi oleh hukum dan kebiasaan untuk melindungi berbagai hak warga Negara.

Pada demokrasi, terdapat pangakuan atas keinginan rakyat yang kemudain di jadikan sebagai tolak ukura dalam legitimasi serta kewenangan pemerintahan (kedaulatan rakyat). Keinginan tersebut kedepannya akan di tuangkan dalam suatua iklim politik terbuka, yang artinya melakukan kegiatan pemilihan umum yang di lakukan secara bebas dan berkala. Pada setiap warga Negara mempunyai hak dalam memilih berbagai pihak yang nantinya akan memerintah dan juga bisa menurunkan pemerintahan yang sedang berjalan kapan saja mereka inginkan.

6. Pengertian Demokrasi Menurut John L Esposito

Jika di artikan secara sempit atau dasar, demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan dari rakyat untuk rakyat. Maka dari itu, rakyat mempunyai hak untuk ikut berpartisipasi baik sebagai peran yang aktif atau sebagai yang melakukan pengontrolan kepada berbagai kebijakan yang di keluarkan oleh pemerintah. Selain itu, pada beberapa lembaga resmi pemerintahan memiliki pemisahan dengan berbagai macam unsur di antaranya seperti unsur eksekutif, legislatif, atau unsur yudikatif secara jelas.

7. Pengertian Demokrasi Menurut Hans Kelsen

Demokrasi adalah berupa pemerintahan Dari rakyat dan juga untuk rakyat. Disini, berbagai wakil rakyat yang telah dipilih adalah sebagai pelaksana kekuasaan Negara, yang mana rakyat sudah mempunyai keyakinan bahwa semua keinginan serta kepentingan rakyat selalu di perhatikan untuk melaksanakan pemerintahan tersebut.

8. Pengertian Demokrasi Menurut Sidney Hook

Demokrasi adalah sebuah bentuk pemerintahan yang mana pada setiap keputusan penting pemerintah baik itu secara langsung atau tidak langsung atas dasar dari kesepakatan mayoritas yang diberikan rakyat yang sudah berusia dewasa secara bebas.

9. Pengertian Demokrasi Menurut C.F. Strong

Demokrasi memiliki arti sebagai bentuk pemerintahan yang mana kebanyakan dari anggota dewan yang asalnya dari masyarakat ikut serta pada setiap kegiatan politik dan berdasarkan pada system perwakilan, kemudian untuk pada akhirnya pemerintah bisa menjamin dan bertanggung jawab atas semua tindakan yang telah di lakukan terhadap mayoritas tersebut.

10. Pengertian Demokrasi Menurut Meriam, Webster Dictionary

Berbagai definisi dari Demokrasi di antaranya adalah :

  • Berupa pemerintahan dari, oleh rakyat. Khususnya kedaulatan mayoritas
  • Sebuah pemerintahan yang mana kekuasaan tertinggi di pegang oleh rakyat, baik secara langsung atau tidak langsung pelaksanannya di kerjakan oleh mereka lewar system perwakilan yang di lakukan dengan cara melakukan pemilihan umum secara berkala.

11. Pengertian Demokrasi Menurut Samuel Hutington

Deemokrasi dapat tercipta, jika para pemberi keputusan yang kuat paa suatu system pemerintahan di lakukan dengan memilih menggunakan proses pemilihan umum yang jujur dan adil secara berkala. Pada system tersebut, beberapa kandidat atau calon pemimpin bebas melakukan persaingan bertujuan dalam mendapatkan suara terbanyak. Tak hanya itu, Rakyat yang sudah berusia dewasa berhak dalam memberikan suara pada system ini.

12. Pengertian Demokrasi Menurut International Commission of Journalist

Demokrasi adalah bentuk dari suatu system pemerintahan yang mana pada setiap warga negaranya mempunyi hak untuk ikut membuat berbagai keputusan politik lewat beberapa wakil rakyat yang telah mereka pilih dan yang bertanggung jawab terhadap mereka melalui suatu pemilihan yang bebas.

13. Pengertian Demokrasi Menurut Yusuf Al Qordhawi

Rakyat atau warga masyarakat bisa memilih seseorang untuk mengurus atau mengatur semua urusan mereka lewat suatu wadah yang dinamakan demokrasi. Pada kondisi ini, ada beberapa hal yang perlu mereka perhatikan yakni.

  • Pemimpin bukan orang yang di benci oleh rakyat
  • Semua peraturan yang telah di tetapkan adalah peraturan yang mereka inginkan
  • Masyarakat memiliki hak dalam meminta perrtanggung jawaban terhadap pemimpin atau wakil yang telah mereka pilih jika bersalah.
  • Masyarakat pun mempunyai hak dalam memecat atau menurunkan para pemimpin atau wakil terpilih jika sudah terbukti melakukan penyelewengan.
  • Masyarakat tidak bisa di bawa pada suatu system pemerintahan yang tidak mereka kenal dan mereka sukai, baik itu pada bidang ekonomi, sosial, budaya, maupun politik.
Baca Juga :   Pengertian Moral dan Etika Beserta Contohnya Lengkap

14. Pengertian Demokrasi Menurut Abdul Ghani Ar Rahhal

Seperti yang tertulis dalam bukunya yang berjudul Al Islamiyyin wa Sarah Ad Dimuqrathiyya, seorang ahli bernama Abdul Ghani Ar Rahhal berpendapat bahwasanya demokrasi adalah bentuk dari suatu kekuasaan oleh rakyat. Atau dengan arti lainnya, rakyat merupakan pusat kekuasaan. Ia pun menyatakan bahwa Plato merupakan orang yang pertama kali menyatakan mengenai teori demokrasi, yang mana sumber kekuasaannya adalah kehendak yang satu dan bukan sifatnya majemuk.

15. Pengertian Demokrasi Menurut Affan Gaffar

Demokrasi terdiri atas 2 makna, diantarany adalah :

  • Demokrasi pada dasarnya ingin di wujudkan oleh Negara yang di namakan sebagai demikrasi normatif
  • Demokrasi yang terbentuk pada dunia politik disebut dengan demokrasi empirik.

16. Pengertian Demokrasi Menurut Amien Rais

Ada beberapa criteria yang harus terpenuhi agar pada suatu Negara di sebut sebagai Negara demokrasi. Criteria tersebut di antaranya adalah:

  • Ikut serta pada pembuatan keputusan
  • Mempunyai kesamaan di hadapan hukum
  • Penyaluran pendapat haruslah di lakukan dengan adil
  • Mempunyai kesempatan sama untuk mendapatkan pendidikan
  • Ketersediaan dan keterbukaan informasi
  • Selalu memperhatikan atau mengindahkan fatsoen atau tata krama politik.
  • Individu atau perseorangan memiliki kebebasan
  • Bekerja sama, memiliki jiwa yang semangat
  • Memiliki hak pada setiap ingin melakukan protes

Selain itu, terdapat 4 macam kebebasan, diantaranya :

  • Kebebasan untuk mengeluarkan pendapat
  • Kebebasan untuk persurat kabaran
  • Kebebasan untuk berkumpul atau berorganisasi
  • Kebebasan untuk memilih agama sesuai yang di yakinkan.

17. Pengertian Demokrasi Menurut Robert A Dahl

Secara ideal, Sistem Demokrasi harus memiliki sebagai berikut:

  • Mempunyai kesamaan hak pilih untuk menentukan berbagai keputusan kolektif yang sifatnya mengikat.
  • Tedapat partisipasi yang efektif. Jadi artinya pada semua warga Negara mempunyai kesempatan yang sama untuk setiap proses pembuatan keputusan dimana hal tersebut di lakukan secara kolektif.
  • Pembeberan kebenaran, yakni terdapat kesamaan peluang oleh setiap warga Negara demi memberikan suatu penilaian pada jalannya proses politik dan pemerintahan secara logis.
  • Kendali terakhir terhadap agenda, yakni terdapat eksklusif untuk masyarakat dalam menentukan agenda mana saja yang harys ataupun tidak harus di putusjan melalui proses pemerintahan, baik itu mendelegasikan kekuasaan tersebut kepada orang lain atau berbagai lembaga yang bisa mewakili mereka
  • Pencakupan, yang artinya meliputi masyarakat yang didalamnya terdiri oleh semua orang dewasa terkait dengan hukum.

18. Pengertian Demokrasi Menurut Abdul Wadud Nashruddin

Demokrasi adalah suatu system kehidupan yang mana semua pendapat rakyat di tetapkan sebagai prioritas utama disetiap mengambil berbagai kebijakan. Pendapatnya tersebut harus memenuhi beberapa criteria sebagai berikut.

  • Agama
  • Susila
  • Hukum
  • Semangat untuk menjunjung kemaslahatan bersama.

Suara atau pendapat oleh rakyat wajib disertai dengan berupa rasa tanggung jawab. Memilikin komitmen positif terhadap pelaksanaannya serta harus melalui tahap evaluasi secara continue sehingga bisa sesuai dengan keinginan bersama.

Selian alat dari politik, demokrasi juga bertindak sebagai alat untuk membentuk dari segala aspek tata masyarakat lainnya di antaranya seperti aspek ekonomi, aspek sosial, maupun aspek budaya. Hanya masyarakat yang memiliki rasa bertanggung jawab dan terkait dengan faham dengan memberikan pendapat dari yang mereka sampaikan baik secara keilmuan, syar’i, atau sosial.

19. Pengertian Demokrasi Menurut Sumarno AP dan Yeni R. Lukiswara

Seperti halnya pengertian secara umum yakni Demokrasi memiliki asal kata dari kata demos (Rakyat) dan kratos atau cratein (pemerintahan). Maka Demokrasi bisa di artikan sebagai pemerintahan oleh rakyat. di Declaration of Independent, demokrasi adalah “of the people, for the people, and by the people”.

20. Pengertian Demokrasi Menurut Joseph A. Schumpeter

Demokrasi adalah sebuah system politik yang dapat dikatakan memiliki sifat demokratis, jika si pengambil keputusan kolektifnya paling kuat dipilih dari suatu pemilihan umum yang di lakukan secara berkala yang mana di dalamnya terdapat hak terhadap manusia dewasa untuk memilih. Demokrasi sendiri mencngkup dalam 2 hal yakni persaingan dan partisipasi.

21. Pengertian Demokrasi Menurut Ranny

Demokrasi adalah suatu bentuk pemerintahan yangmana penataan serta pengorganisasiannya dilakukan atas dasar beberapa prinsip sebagai berikut.

  • Kedaulatan rakyat (popular soveragnity)
  • Kesamaan politik (political equality)
  • Konsultasi atau dialog dengan masyarakat (political consultation)
  • Aturan mayoritas

22. Pengertian Demokrasi Menurut Philippe C. Schmitter

Demokrasi dapat di artikan berupa teori yang menyatakan bahwasanya suatu Negara agar bisa tanggap terhadap kebutuhan atau kepentingan warganya, yang mana mereka harus turut berpartisipasi dalam merumuskan kebutuhan serta mengungkapkan berbagai kepentingan secara aktif dan bebas.

Bukan hanya harus berpengertian jelas, namun juga harus mempunyai sumber serta keinginan untuk melibatkan dirnya untuk memperjuangkan politik yang di butuhkan agar preferensi mereka keddepannya manjadi sebuah pertimbangan untuk para penguasa atau dengan kata lain berusaha dalam menduduki jabatan di pemerintahan.

23. Pengertian Demokrasi Menurut Sarjen

Pada setiap system, demokrasi selali ber-atas dasarkan dari berbagai ide bahwasanya Negara wajib terlibat dalam berbagai hal tertentu baik itu secara langsung ataupun lewat beberapa wakil yang sebelumnya mereka sudah pilih pada dewan perwakilan di bidang pembuatan keputusan-keputusan politik

24. Pengertian Demokrasi Menurut Joko Widodo (Jokowi)

Presiden Joko Widodo melakukan praktek demokrasi yang mana dalam hal ini merupakan pengertian yang sebenarnya, yakni dengan mendengarkan suara rakyat secara langsung dimana tempat mereka bekerja, tempat tinggal serta tempat berkumpul.

Budiman Sudjatmiko yang merupakan Tim Sukses pemenangan Jokowi-JK mengatakan bahwasnya makna dari Jokowi-JK adalah melakukan blusukan karena dirinya paham sekali bahwa demokrasi adalah mendengarkan suara rakyat.

25. Pengertian Demokrasi Menurut Inu Kencana

Demokrasi terdiri dari dua bentuk, yakni:

  • Demokrasi langsung, terjadi jika rakyat mewujudkan kedaulatannya pada suatu Negara secara langsung, dalam hal ini lembaga kegislatif hanya sebagai lembaga pengawas jalannya pemerintahan.
  • Demokrasi tidak langsung, terjadi jika rakyat mewujudkan kedaulatannya secara tidak langsung lewat pihak eksekutif, namun melalui lembaga perwakilan Secara etimologis.

Bentuk-Bentuk Demokrasi

  • Demokrasi Parlementer
  • Demokrasi Sistem Presidensial
  • Demokrasi Rakyat
  • Demokrasi Pancasila

Bagaimana, apakah anda sekarang sudah mengerti mengenai Pengertian Demokrasi yang mana sudah di jelaskan dari ulasan 25 Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli Terlengkap diatas. Sehingga anda tentunya dapat membuat kesimpulan sendiri. Semoga Bermanfaat

Baca Juga :