24 Pengertian Komunikasi Secara Umum, Bahasa, Etimologis, Terminologis, Pragmatis dan Menurut Para Ahli

Posted on
24 Pengertian Komunikasi Secara Umum, Bahasa, Etimologis, Terminologis, Pragmatis dan Menurut Para Ahli
Rate this post

Pengertian Komunikasi Secara Umum, Bahasa, Etimologis, Terminologis, Pragmatis dan Menurut Para Ahli Beserta Definisinya

Pengertian Komunikasi Secara Umum dan Menurut Para Ahli – Secara tidak sadar dalam keseharian kita baik ketika sedang bekerja, berbelanja atau kegiatan lainnya kita sedang melakukan Komunikasi. Tentunya anda pun sering mendengar kata komunikasi, bahkan yang paling sering terdengar kata komunukasi. pada saat anda melakukan Telpon dengan orang lain, dan ini merupakan termasuk Komunikasi. Lalu apa sebenarnya arti dari Komunikasi?

Agar para pembaca dapat lebih memahami dari arti Komunikasi, pada ulasan ini akan di berikan berbagai penjelasan yang di lihat dari berbagai sisi serta definisi di antaranya Pengertian Komunikasi Secara Umum, Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli dan Definisi Komunikasi. Yang di uraikan secara lengkap sebagai berikut.

Pengertian Komunikasi Secara Umum

Jika di artikan secara umum Komunikasi adalah suatu kegiatan yang sering di lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Yang mana dengan melakukan Komunikasi akan memudahkan kita sebagai manusia (Makhluk Hidup) dalam bersosialisasi serta untuk mempertahankan hidup. Atau dengan arti lainnya Komunikasi adalah suatu proses, berupa proses penyampaian pesan antara komunikator dengan komunikan.

Komunikator bisa di artikan atau di ibaratkan sebagai orang yang menyampaikan pesan sedangkan komunikan merupakan orang yang menerima pesan dari apa yang di sampailan oleh Komunikator. Pesan yang di sampaikan tersebut bisa berupa pesan dalam bentuk verbal, bahasa atau Non verbal serta bentuk lainnya selain dari bahasa.

Di lihat dari segi etimologis, Komunikasi memiliki arti yang sedikit berbeda dimana berasal dari bahas latin “communico” yang memiliki arti membagi. Membagi dalam hal ini ialah berupa membagi gagasan, idea tau buah pikir antara satu dengan yang lainnya. Dengan arti lain Komunikasi berasal dari kata “communication” yang sumbernya dari kata communis yang artinya sama. Namun, sama dalam hal ini adalah maknanya yang sama.

Komunikasi akan berjalan selama itu masih dalam kesamaan makna dari komunikator terhadap komunikan. Secara terminologis Komunikasi adalah suatu proses berupa penyampaian dari sebuah pernyataan dari seseorang terhadap orang lain. Dari pengertian tersebut terlihat jelas bahwasanya komunikasi melibatkan beberapa orang yang lebih dari satu, yang mana orang tersebut menyatakan sesuatu dengan orang lain.

Kemudian jika di lihat dari segi pragmatis, Komunikasi dapat diartikan yang mengandung tujuan tertentu baik itu di lakukan secara Lisan, tatap muka atau menggunakan media baik itu berupa media masa, radio atau Televisi atau media non masa seperti surat, telepon, poster, spanduk, dan sebagainya.

Maka dalam hal ini, komunikasi dapat di artikan secara pragmatis merupakan proses dimana penyampaian dari suatu pesan seseorang kepada orang lainnya dengan tujuan member tahu atau mengubah sikap, pendapat, atau perilaku baik itu dengan secara lisan, atau melalui media.

Sekarang anda sudah mengerti dan paham dari Pengertian Komunikasi Secara Umum seperti yang di jelaskan di atas. Namun beberapa ahli memiliki pendapat serta pemikiran yang berbeda mengenai arti dari Komunikasi. Seperti apa pendapat dari berbagai para ahli mengenai Pengertian Komunikasi? Mari kita simak penjelasan lengkapnya sebagai berikut.

Pengertian dan Definisi Komunikasi Menurut Para Ahli

  1. Pengertian Komunikasi Menurut Everett M. Rogers
    Komunikasi adalah suatu proses dari suatu ide yang kemudian di alihkan dari sumber terhadap satu penerima atau lebih, bermaksud untuk merubah dari tingkah laku mereka.
  2. Pengertian Komunikasi Menurut Rogers & D. Lawrence Kincaid
    Beliau menjelaskan bahwasanya Komunikasi dapat di artikan sebagai proses antara dua orang atau lebih sehingga terbentuk atau melakukan suatu pertukaran berupa Informasi antara satu dengan yang lainnya, yang pada gilirannya akan saling mengerti.
  3. Pengertian Komunikasi Menurut Shannon & Weaver
    Komunikasi merupakan rupa dari interaksi seseorang yang saling mempengaruhi satu dengan yang lainnya baik itu sengaja atau tidak sengaja. Komunikasi tersebut tidak terbatas menggunakan bahasa verbal, akan tetapi juga dapat di lakukan dengan menggunakan ekspresi wajah, lukisan, seni, dan teknologi.
  4. Pengertian Komunikasi Menurut Harorl D. Lasswell
    Komunikasi sebenarnya dapat di artikan berupa proses yang menerangi siapa, menjelasakan apa, menggunakan saluran apa dan pada siapa dengan menjadikan hasil apa.
  5. Pengertian Komunikasi Menurut Raymond S. Ross
    Komunkasi adalah proses penyortiran, memiliah serta mengirimkan berbagai symbol dengan sedemikian rupa sehingga akan membantu pendengar dalam membangkitkan arti atau respons dari pikirannya yang sama dengan di maksudkan komunikator.
  6. Pengertian Komunikasi Menurut Prof. Dr. Alo Liliweri
    Komunikasi ialah suatu pengalihan dari pesan oleh suatu sumber terhadap peneriam agar bisa di pahami.
  7. Pengertian Komunikasi Menurut Bernard Berelson & Gary A. Steiner
    Komunikasi ialah suatu Transmisi informasi atau gagasan, emosi, keterampilan dan sebagainya yang menggunakan dari berbagai symbol, berupa kata-kata, lukisan, grafik atau semacamnya. Tindakan atau proses transmisi tersebutlah yang disebut dengan komunikasi.
  8. Pengertian Komunikasi Menurut John R. Wenburg dan William W Wilmot
    Komunikasi bisa di artikan sebagai usaha dalam mendapatkan suatu makna.
  9. Pengertian Komunikasi Menurut Carl I.Hovland
    Komunikasi ialah suatu proses yang menjadikan seseorang (Komunikator) dapat menyampaikan rangsangan dalam mengubah perilaku orang lain.
  10. Pengertian Komunikasi Menurut Harorl D. Lasswell
    Pada dasarnya Komunikasi bisa di artikan sebagai proses yang menerangkan siapa, kemudian mengatakan apa, menggunakan saluran apa, terhadap siapa? Dengan akibat serta hasilnya apa?
  11. Pengertian Komunikasi Menurut Judy C pearson & Paul E melson
    Secara tepat ia menjelaskan bahwasnya Komunikasi dapat di artikan berupa proses dalam memahami serta berbagi makna
  12. Pengertian Komunikasi Menurut Stewart L. Tubbs & Sylvia Moss
    Komunikasi merupakan suatu proses makna diantara dua orang atau lebih.
  13. Pengertian Komunikasi Menurut William I. Gordon, dedy Mulyana
    Komunikasi di artikan secara singkat serta bisa di definisikan sebagai suatu transaksi yang sifatnya dinamis dengan melibatkan berupa gagasan dan perasaan.
  14. Pengertian Komunikasi Menurut M. Djenamar. SH
    Komunikasi ialah seni sebagai penyampaian berupa informasi, berbagai ide seseorang terhadap orang lain.
  15. Pengertian Komunikasi Menurut William Albig
    Komunikasi merupakan suatu proses pelemparan lambing diantara berbagai Individu
  16. Pengertian Komunikasi Menurut Prof. Dr. Alo Liliweri
    Komunikasi merupakan pengalihan suatu pesan dari satu sumber terhadap penerima agar bisa di mengerti.
  17. Pengertian Komunikasi Menurut Anwar arifin
    Komunikasi adalah berupa konsep yang memiliki banyak makna, Sedangkan makna komunikasi tersebut bisa di bedakan berdasarkan Komunikasi sebagai proses sosial Komunikasi dalam artiannya terdapat konteks ilmu sosial. Yang mana para ahli ilmu social melakukan beberapa penelitian dengan menggunakan pendekatan komunikasi yang umumnya di gunakan untuk memfokuskan dalam kegiatan manusia serta hubungannya pesan dengan perilaku.
  18. Pengertian Komunikasi Menurut Murphy & Mendelson
    Komunikasi adalah suatu komunikaso di gunakan dalam membangun serta mempertahankan dari hubungan interpersonal.
  19. Pengertian Komunikasi Menurut Aristoteles
    Salah satu Ahli Dunia bernama Aristoteles menjelaskan bahwa Komunikasi adalah suatu alat yang di gunakan oleh warga masyarakat untuk berpartisipasi terhadap demokrasi
  20. Pengertian Komunikasi Menurut Redi Panuju
    Komunikasi merupakan suatu system aliran yang terhubung serta berupa kinerja setiap bagian dalam organisasi sehingga hasil yang di dapatkan suatu sinergi.
  21. Pengertian Komunikasi Menurut Hoben
    Komunikasi ialah berupa saling tukar pikiran atau suatu gagasan secara verbal.
  22. Pengertian Komunikasi Menurut Anderson
    Komunikasi adalah suatu proses yg dinamis serta secara konstan dapat berubah sesuai terhadap kondisi yang berlaku.
  23. Pengertian Komunikasi Menurut Barnlund
    Komunikasi hair karena terdorong dari berbagai kebutuhan dalam mengurangi rasa ketidakjelasan, bertindak secara efektif serta mempertahankan atau menguatkan ego.
  24. Pengertian Komunikasi Menurut Lexicographer
    Komunikasi sebenarnya bisa di artikan sebagai upaya yang mana memiliki tujuan dalam berbagi hingga mencapai suatu kebersamaan. Jika dua orang terjadi saling berkomunikasi maka akan dapat pehaman yang sama dari pesan yang saling tukar merupakan tujuan yang di inginkan oleh kedua belah pihak.
Baca Juga :   13 Pengertian Definisi Desain Menurut Para Ahli Terlengkap

Bagaimana, apakah sekarang anda sekarang menjadi lebih mengerti mengenai Pengertian Komunikasi? Pastinya dengan menyimak dan membaca dari uraian Pengertian Komunikasi Secara Umum dan Pengertian Komunikasi Menurut Para Ahli di atas dapat menyimpulkan sendiri arti dari Komunkasi tersebut.

Baca Juga :