23 Pengertian Tanah Menurut Para Ahli Lengkap

2 min read

23 Pengertian Tanah Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Tanah Menurut Para Ahli – Tanah adalah tempat kita berpijak di bumi, habitat seluruh makhluk hidup dan ada banyak manfaat yang diberikan tanah untuk seluruh makhluk hidup. Berikut ini pengertian tanah menurut para ahli secara lengkap.

Pengertian Tanah Menurut Para Ahli

  1. Pengertian Tanah menurut Bremmer adalah bagian dari permukaan kulit yang dijadikan pelapukan oleh pelapukan kimia serta fisik, dan kegiatan dari beragam tumbuhan dan juga hewan.
  2. Pengertian Tanah menurut James adalah salah satu sistem yang ada di bumi, bersama dengan sistem bumi yang lainnya yaitu air alami dan atmosfer menjadi inti fungsi, perubahan dan kemantapan ekosistem.
  3. Pengertian Tanah menurut M. Isa Darmawijaya adalah akumulasi dari alam bebas yang menduduki sebagian besar planet bumi, yang mampu menumbuhkan tumbuhan serta mempunyai sifat yang menjadi akibat dari pengaruh iklim dan juga jasad yang hidup dan bertindak pada bahan induknya di dalam keadaan reliet tertentu selama jangka waktu tertentu.
  4. Pengertian Tanah menurut E. Saifudin Sarief adalah benda alami yang ada di permukaan bumi, yang tersusun dari beberapa bahan mineral yang menjadi hasil pelapukan batuan serta bahan organik pelapukan sisa tumbuhan dan juga hewan. Yang menjadi medium pertumbuhan tanaman dengan beberapa sifat tertentu, yang terjadi akibat gabungan dari faktor-faktor alami, iklim, bahan induk, jasad hidup, bentuk wilayah dan lamanya waktu pembentukan.
  5. Pengertian Tanah menurut Thornbury adalah bagian dari permukaan bumi dan ditandai oleh lapisan yang sejajar, dengan permukaan yang menjadi hasil modifikasi oleh beberapa proses fisik, khemis maupun biologis yang bekerja dibawah kondisi yang bermacam-macam dan bekerja selama periode tertentu.
  6. Pengertian Tanah menurut Jacob S. Joffe adalah benda alam yang tersusun atas beberapa horison yang terdiri dari bahan kimia mineral serta bahan organik, biasanya tidak padu dan memiliki tebal yang bisa dibedakan dalam hal morfologi fisik, kimia dan biologinya.
  7. Pengertian Tanah menurut Alfred Mistscherlich adalah campuran bahan padat yang berupa bahan padat partikel kecil air, serta udara yang mengandung hara dan bisa menumbuhkan tumbuhan.
  8. Pengertian Tanah menurut Werner adalah hitam tipis yang menutupi bahan padat kering, terdiri atas partikel-partikel kecil yang remah dan sisa-sisa vegetasi dan hewan. Tanah adalah medium bagi tanaman.
  9. Pengertian Tanah menurut Ramman adalah bahan batuan yang telah dirombak menjadi beberapa partikel kecil, yang sudah berubah secara kimiawi bersama dengan sisa tumbuhan dan juga hewan yang hidup di dalam dan juga di atasnya.
  10. Pengertian Tanah menurut C.F.Marbut adalah lapisan paling luar dari kulit bumi, yang biasanya sifatnya tak padu dan memiliki sifat tebal mulai dari selaput tipis sampai lebih dari tiga meter yang berbeda bahan di bawahnya, dalam hal warna, sifat fisik, sifat kimia dan sifat biologinya.
  11. Pengertian Tanah menurut Humphry Davy adalah sebagai laboratorium alam yang menyediakan unsur hara bagi tanaman.
  12. Pengertian Tanah menurut A.S. Thaer adalah permukaan planet yang terdiri dari bahan remah dan lepas, yang disebut dengan tanah yang menjadi akumulasi serta campuran dari beragam bahan seperti misalnya unsur-unsur; Si, Al, Ca, Mg, Fe dan lain-lain.
  13. Pengertian Tanah menurut Dokuchaiev adalah tanah yang harus dikaitkan dengan iklim, dan bisa digambarkan dengan zona geografis luas, yang dalam skala peta dunia tak dikaitkan dengan iklim, tetapi dengan lingkungan tumbuhan.
  14. Pengertian Tanah menurut Friedrich Fallou adalah hasil pelapukan waktu yang menggerogoti batuan yang keras dan lambat laun akan mengadakan dekomposisi.
  15. Pengertian Tanah menurut Justus Von Liebig adalah mengajukan teori kesetimbangan hara tanaman “Theory balanchesheet of plan naturation” yang menganggap tanah sebagai reaksi dimana dapat diketahui jumlah dan jenis hara tanamannya.
  16. Pengertian Tanah menurut J.J.Berzelius adalah sebagai laboratorium kimia tempat proses dekomposisi dan reaksi kimia yang berlangsung secara tersembunyi.
  17. Pengertian Tanah menurut Hilgard adalah material lepas dan agak kering, yang digunakan untuk tempat akar tanaman untuk mencari makanan serta sarana pertumbuhan tanaman.
  18. Pengertian Tanah menurut Kamus Umum adalah lapisan permukaan tanah yang gembur, seperti halnya lahan, debu dengan bumi.
  19. Pengertian Tanah menurut Jafee adalah benda alam yang berlapis-lapis yang disusun dari mineral dan bahan organik, biasanya dalam keadaan lepas ke dalam yang macam-macam, morfologinya berbeda dengan material induknya yang ada di bawahnya, berbeda dengan sifat dan susunannya, sifat kimia, komposisi, dan sifat biologisnya.
  20. Pengertian Tanah menurut Ensiklopedia Indonesia adalah campuran bagian batuan dengan material dan bahan organik, yang menjadi sisa kehidupan yang timbul di permukaan bumi akibat dari erosi serta pelapukan karena proses waktu.
  21. Pengertian Tanah menurut Jhon Salindeho adalah benda yang nilainya ekonomis menurut pandangan bangsa Indonesia, ia juga sering memberi getaran pada kedamaian dan sering menimbulkan guncangan di masyarakat, ia juga sering menimbulkan sendatan dalam proses pembangunan.
  22. Pengertian Tanah menurut KBBI adalah permukaan/lapisan bumi yang ada di atas sekali, keadaan bumi di suatu tempat, permukaan bumi yang diberi batas, dan Bahan-bahan dari bumi, bumi sebagai bahan sesuatu (pasir, batu cadas dan sebagainya).
  23. Pengertian tanah menurut Wikipedia adalah bagian kerak bumu yang tersusun dari mineral dan bahan organik.
Baca Juga :   Ekosistem Danau : Pengertian, Ciri, Komponen dan Manfaatnya Terlengkap

Itulah Pengertian Tanah Menurut Para Ahli dan penjelasannya dengan lengkap. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang tepat, dan bermanfaat bagi anda semua.

Baca Juga :