22 Pengertian dan Definisi HAM “Macam macam, Jenis serta Contohnya”

Posted on
22 Pengertian dan Definisi HAM “Macam macam, Jenis serta Contohnya”
Rate this post

22 Pengertian dan Definisi HAM Secara Umum dan Para Ahli

Pengertian HAM Menurut Para Ahli – Kita sering mendengar dari kata-kata “HAM” yang merupakan kependekan dari Hak Asasi Manusia. Tidak hanya itu kita sering melihat dari berbagai media baik media cetak atau elektronik memberitakan tentang berbagai pelanggaran HAM yang terjadi baik di dalam negri atau luar negri. Lalu, apa sebenarnya HAM itu? Mungkin sebagian dari anda sudah paham dan mengerti dari arti HAM, namun bagaimana mengenai Definisinya kemudian macam macam HAM, Contoh HAM baik dalam arti secara umum atau menurut para ahli.

Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut maka harus di uraikan satu persatu agar anda sebagai pembaca lebih paham mengenai arti sebenarnya dari HAM (Hak Asasi Manusia) itu. Yang mana akan di jelaskan secara lengkap dan detail dari uraian sebagai berikut.

Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia) Secara Umum

Merupakan berbagai hak dasar yang dimiliki oleh setiap orang yang mana merupakan anugerah dari sang pencipta yang sudah ada dari sejak lahir. Sedangkan menurut perserikatan bangsa-bangsa (PBB) HAM memiliki arti suatu Hak yang melekat tehadap kemanusiaan dari diri kita sendiri, sehingga dengan tanpa adanya Hak tersebut sangat mustahil dapat hidup sebagai manusia. Seperti yang telah dikatakan di atas bahwasanya kita hampin setiap hari mendengar kata Hak Asasi Manusia (HAM) serta berbagai pelanggaran HAM yang terjadi di berbagai Negara, sehingga sebagai manusia tentu dengan adanya berbagai pelanggaran tersebut membuat kita menjadi prihatin. Sehingga sangat penting untuk tahu dari arti HAM sebenarnya.

Dari kesimpulan yang di dapat mengenai pengertian Hak Asasi Manusia (HAM) dimana merupakan anugerah dari Tuhan untuk makhluknya, maka dalam hal ini Hak Asasi tidak bisa jauh atau terpisah dari setiap eksistensi pribadi individu atau manusia tersebut. Atau Hak Asasi tidak dapat di terlepas dengan kekuasaan terhadap hal lainnya, jika hal ini sampai terjadi maka akan memberikan dampak terhadap manusia yang mana manusia tersebut akan kehilangan martabat yang sebenarnya yang merupakan inti dari nilai kemanusiaan.

Meski demikian bukan berarti di lihat dari bentuk hak asasi manusia bisa di lakukan secara mutlak karena bisa melanggar hak asasi orang lain. Dalam memperjuangkan hak pribadi dan harus mengabaikan hak orang lain maka hal tersebut merupakan suatu tindakan yang tidak manusiawi. Sehingga kita harus sadar dari setiap berbagai hak asasi selalu berbatasan dengan hak asasi orang lain, maka dalam hal ini ketaatan terhadap aturan menjadi sangat penting.

Pengertian HAM Menurut Para Ahli

Pengertian HAM Menurut Kevin Boyle Dan David Beetham
HAM adalah berbagai HAK perseorangan berdasarkan dari berbagai kebutuhan dan dari kapasitas-kaspasitas manusia.

Pengertian HAM Menurut Miriam Budiarjo
HAM adalah suatu hak yang di miliki oleh setiap orang yang ada sejak lahir ke dunia, Hak tersebut bersifat Universal sebbab di miliki tanpa adanya perbedaan baik dari segi kelamin, ras, budaya, suku, agama atau semacamnya.

Pengertian HAM Menurut Oemar Seno Adji
HAM adalah Hak yang sifatnya sudah melekat di setiap martabat manusia yang mana Manusia merupakan insan ciptaan Tuhan yang maha esa dengan memiliki sifat tida bisa di langgar oleh siapa saja baik itu manusia atau dari suatu kelompok lain.

Pengertian HAM Menurut Prof. Koentjoro Poerbopranoto
HAM merupakan suatu hak yang sifatnya asasi atau mendasar, hak-hak yang dimiliki setiap manusia berdasarkan kodratnya yang pada dasarnya tidak akan bisa dipisahkan sehingga bersifat suci.

Pengertian HAM Menurut UU No 39 Tahun 1999
HAM adalah sepaket hak yang sudah menempel erat pada setiap diri manusia sebagai salah satu Makhluk ciptaan Tuhan YME, yang mana pada hak tersebut adalah sautu anugerah yang harus di lindungi serta di hargai pada setiap manusia bertujuan dalam melindungi harkat serta martabat setiap manusia.

Pengertian HAM Menurut G.J Wolhos
HAM dapat di artikan berbagai Hak yang sudah ada dan melekat pada diri setiap orang di dunia, yang mana pada setiap Hak tersebut tidak bisa di hilangkan, pasalnya dengan menghilangkan HAM orang lain maka sama halnya dengan menghilangkan derajat kemanusian.

Pengertian HAM Menurut C. de Rover
HAM adalah berupa hak hukum yang sama pada setiap manusia dan tidak memandang dari segi apapun baik itu kaya atau miskin, baik itu laki atau perempuan. Meski hak tersebut telah di langgar oleh mereka akan tetapi tetap saja HAM tersebut tidak bisa di hilangkan. HAK asasi dalah hukum yang wajib di lindungi daru berbagai aturan nasional agara seluruhnya dapat terpenuhi sehingga HAM bisa di tegakan, di junjung serta dapat terlindungi.

Pengertian HAM Menurut Leah Kevin
Beliau berpendapat mengenai konsepsi dari setiap Hak Asasi Manusia mamiliki 2 Makna di antaranya :

Pertama : Adalah pada setiap hak hakiki dan tidak bisa terpisahkan menjadi hak pada setiap orang hanya karena ia adalah seoarang manusia. Dari setiap hak tersebut adalah Hak-hak moral yang pada dasarnya berasak dari keberadaan sebagai manusia dari setiap umat manusia di dunia.

Kedua : dari berbagai Hak asai manusia merupakan hak-hak hukum baik itu secara nasional atau international

Pengertian HAM Menurut Wikipedia
Ham adalah berbagai yang sudah di miliki pada setiap orang sejak mereka dalam kandungan

Pengertian HAM Menurut KBBI
Ham adalah Hak yang yang terlindungi secara International seperti yang di deklarasikan oleh PBB “Declaration of Human Rights” meliputi Hak untk hidup, Hak merdeka, hak untuk memiliki serta hak bebas mengeluarkan pendapat.

Pengertian HAM Menurut Muladi
HAM adalah seluruh Hak dasar atau pokok yang sudah melekat pada diri setiap orang di kehidupannya.

Pengertian HAM Menurut Haar Tilar
Ham adalah berbagai hak yang sudah merekat erat pada setiap manusia dan tanpa mempunyai dari berbagai hak tersebut maka setiap manusi tidak dapat hidup layaknya manusia. Hak tersebut sudah di dapatkan sejak lahir ke dunia.

Pengertian HAM Menurut Austin-Ranney
Ham bisa di artikan sebagai ruang kebebasan pada setiap Individu yang telah di hitung secara terperinci dan jelas pada konstitusi dan sudah terjamin pelaksanaanya dari pemerintah.

Pengertian HAM Menurut Karel Vasak
Jika di klarifikasinya HAM didasarkan dari 3 Generasi yang mana inspirasinya tersebut di dapatkan dari 3 tema pada Revolusi Perancis yakni di generasi pertama adalah : (Liberte) Politik dan Sipil, kemudian generasi ke-2 : (Egalite) Hak social, ekonomi serta budaya lalu yang ke-3 adalah : (Fraternite) Solidaritas. Dari 3 generasi tersebut haru dapat di pahami dari satu kesatuan yang mana saling melengkapi dan berkaitan. Vasak dalam hal ini menggunakan sebuah istilah “generasi” yang mana di tujukan pada ruang lingkup serta substansi dari berbagai hak yang harus di utamakan pada satu kurun waktu tertentu.

Pengertian HAM Menurut Jack Donney
HAM adalah berbagai HAK yang di miliki oleh setiap manusia hal tersebut hanya semata-mata karena ia adalah manusia. Pada setiap manusia memilikinya, hal ini bukan di karena pemberian dari masyarakat atau menunjuk pada hukum yang sifatnya positif, melainkan hal tersebut atas dasar dari adanya martabat sebagai seorang manusia dan hak tersebut adalah sautu pemberian Tuhan YME.

Baca Juga :   Imunisasi Tetanus Toksoid : Manfaat dan Efek Samping Serta Waktu Pemberiannya

Pengertian HAM Menurut Mahfudz M.D
HAM adalah suatu hak yang sudah merekat erat pada martabat setiap orang yang mana hak tersebut tekah ada sejak lahir ke dunia sehingga pada kahikatnya hak tersebut sifatnya adalah kodrat.

Pengertian HAM Menurut A.J.M Milne
HAM ialah berbagai Hak yang telah di miliki pada setiao umat manusia di dunia, berbagai masa serta segala tempat karena hal utama HAM tersebut ada adalah sebagai manusia.

Pengertian HAM Menurut SHAW
Ham bisa di bilang jika perencanaan public masyrakat global pada masa damai tersebut, bisa di katakana memiliki bahas moral yang sangat umum, inilah yang di sebut dengan Hak asasi manusia. Meski demikian klaim yang kuat tersebut terbentuk karena adanya doktrin hak asasi manusia agar bisa terus menghadirkan sikap perdebatan dan skeptic mengenai sifat, isi dan pembenaran dari hak asasi manusia hingga berada pada jaman sekarang ini. Memang pertanyaan tentang apa yang di artikan “Hak” ini memiliki kontroversi dan masih menjadi suatu perdebatan secara terus menerus (filosofis).

Pengertian HAM Menurut John Locke
HAM adalah berupa berbagai hak yang langsung diberikan dari tuhan kepada manusia sebagai hak yang sifatnya kodrati. Maka dari itu tidak ada kekuatan lainya di dunian ini yang dapat melepasnnya. HAM sifatnya adalah “fundamental” Mendatar terhadap kehidupan manusia yang pada dasarnya sangat suci.

Pengertian HAM Menurut Peter R. Baehr
HAM adalah hak pokok yang sifatnya sangat mutlak serta wajib dimiliki pada setiap manusia sebagai perkembangan bagi dirinya.

Pengertian HAM Menurut Franz Magnis Suseno
Dapat dikatakan bahwasanya HAM adalah berbagai HAK yang telah di miliki pada setiap manusia dan bukan karena di dapatkan dari manusia lainnya apalagi dari hukum positif yang berlaku, namun atas martabatnya sebagai seorang manusia, Manusia memiliki HAM adalah karena ia adalah Manusia.

Pengertian HAM Menurut Komnas HAM
HAM terdiri dari berbagai bidang kehidupan manusia baik itu politik, ekonomi, sipil, sosial dan kebudayaan. Kelima elemen tersebut tidak dapat di pisahkan dari satu dengan yang lainnya. Berbagai hak asasi politik dan sipil tidak ada artinya jika rakyat masih harus bergelut atas penderitaan dan kemiskinan.

Namun di lain pihak, mengenai masalah keamanan serta kemiskinan dan berbagai alasan lainnya, tidak bisa di gunakan secara sadar untuk melakukan pelanggaran HAM dan kebebasan politik serta sosial masyarakat. Hak Asasi manusia tidak mendukung individualism, akan tetapi membendungnya dengan melindungi individu, golongan atau kelompok tertentu. HAM juga merupakan sebagai tanda dari solidaritas nyata pada sebuah Negara terhadap warga negaranya yang lemah.

Macam-Macam Hak Asasi Manusia (HAM)

#1. Hak Asasi Pribadi (Perseonal Rights)

Hak Asasi Pribadi adalah suatu hak dimana terdiri dari elemen kebebasan dalam menyatakan pendapat, kebebasan dalam memeluk agama, kebebasan dalam bergerak, kebebasan untuk aktif baik itu dalam berorganisasi atau perkumpulan serta lainya.

Contohnya adalah sebagai berikut:

  • Setiap manusia memiliki hak untuk menyampaikan atau mengutarakan pendapat
  • Setiap manusia memiliki kebebasan dalam menjalankan sebuah kepercayaan serta bebeas untuk memeluk agama.
  • Setiap manusia memiliki kebebasan dalam melakukan bepergian, berkunjung serta pindah tempat dari tempat satu ke tempat lainnya.
  • Setiap manusia memiliki kebebasan untuk memilih dan menentukan organisasi serta aktida pada organisasi tersebut.

#2. Hak Asasi Ekonomi (Property Rights)

Hak Asasi Ekonomi adalah hak untuk bisa di miliki baik itu sifatnya menjual dan membeli serta memanfaatkan sesuatu.

Contohnya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki kebebasan untuk bisa membeli
  • Memiliki kebebasan dalam mengadakan serta melakukan perjanjian kontrak
  • Memiliki kebebasan dalam memiliki sesuatu
  • Memiliki kebebasan untuk bisa memiliki pekerjaan yang layak
  • Memiliki kebebasan dalam melakukan transaksi
  • Memiliki kebebasan mengenai Hak asasi Ekonomi di dunia bisnis atau bekerja

#3. Hak Asasi Politik (Politik Rights)

Pengertian dari Hak asasi politik adalah hak yang untuk ikut serta dalam pemerintahan, misalnya hak pilih baik itu hak memilih atau hak untuk di pilih.

Contohnya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki Hak untuk mengajukan sebagai calon pemimpin dari suatu daerah dan semacamnya.
  • Memiliki Hak untuk bisa memilih dari suatu pemilu yang di adakan
  • Memiliki Hak untuk bisa mendirikan partai politik dan semacamnya
  • Memiliki Hak mengenai kebebasan dalam ikut serta di kegiatan pemerintahan
  • Memiliki Hak untuk memberikan berbagai usukan atau suatu pendapat yang sama berupa usulan petisi.

#4. Hak Asasi Hukum (Rights Of Legal Equality)

Pengertian Hak Asasi Hukum adalah hak yang di dapatkan dari suatu perlakuan yang sama baik pada hukum dan pemerintahan.

Contohnya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki Hak untuk bisa dapat suatu layanan serta perlindungan hukum
  • Memiliki Hak mendapatkan dan juga mempunyai pembelaan hukum pada suatu peradilan.
  • Memiliki Hak yang sama dalam setiap proses hukum
  • Memiliki Hak pada perlakuan yang adil atau sama dari segi hukum

#5. Hak Asasi Sosial dan Budaya (Social and Culture Rights)

Hak asasi social dan budaya adalah hak yang terkait dengan yang ada di dalam lingkungan masyarakat yakni untuk dapat memiliki pendidikan, hak agar bisa mengembangkan kebudayaan dan semacamnya.

Contohnya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki Hak untuk bisa menentukan pendidikan
  • Memiliki Hak untuk bisa mengembangkan bakat serta minat
  • Memiliki Hak untuk bisa mengembangkan Hobi
  • Memiliki Hak untuk bisa berkreasi

#6. Hak Asasi Peradilan (Procedural Rights)

Hak asasi peradilan adalah hak untuk mendapatkan berupa perlakuan dari tata cara peradilan serta perlindungan (procedural rights), Salah satunya adalah peraturan yang mengenai suatu penahanan atau penangkapan serta penggeledahan.

Contohnya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki hak untuk mendapatkan suatu perlakukan yang adil dari segi hukum
  • Memiliki hak untuk mendapatkan pembelaan di dalam hukum
  • Memiliki hak untuk mendapatkan hal yang serupa terkait dengan berlangsungnya suatu proses hukum di antaranya seperti penyelidikan, penggeledahan, penangkapan dan juga penahanan

Melihat dari beberapa penjelasan menurut para Ahli di atas tentu kita dapat menyipulkan bahwasanya HAM memiliki arti berupa Hak yang sudah melekat dalam diri setiap manusia dan sudah di bawa sejak lahir ke dunia yang mana berlaku sepanjang hidupnya dan tidak bisa di ganggu gugat oleh siapa saja, karena HAM sifatnya sudah Kodrati yang di berikan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada semua manusia yang ada di bumi.

Mungkin hanya itu saja yang bisa di sampaikan mengenai 22 Pengertian dan Definisi HAM Secara Umum dan Para Ahli “Macam macam, Jenis serta Contohnya” semoga pembahasan ini bisa menjadi bahan pelajaran untuk menambah wawasan dan di pergunakan sebagai refrensi. Semoga Bermanfaat

Baca Juga :