21 Pengertian Norma Menurut Para Ahli “Terlengkap”

21 Pengertian Norma Menurut Para Ahli “Terlengkap”
Rate this post

21 Pengertian Norma Menurut Para Ahli

21 Pengertian Norma Menurut Para Ahli – Dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat tentunya memiliki aturan serta batasan-batasan yang berlaku dan harus di taati agar tetap dapat terjalin silahturahmi yang baik biasanya hal ini berkaitan dengan norma-norma. Namun apa sebenarnya arti dari Norma itu sendiri?

Secara umum Norma memiliki arti yakni segala sesuatu bentuk yang di dalamnya terdapat berbagai larangan atau perintah dari berbagai prilaku baik yang harus dan tidak perlu di lakukan oleh setiap orang, yang mana sifatnya mengikat seseorang di masyarakat. Bahkan ada beberapa di antaranya mewajibkan Individu mentaatinya karena pada dasarnya Norma terdiri dari prinsip, petunjuk hidup, acuan dan pedoman pada setiap tingkah laku dari setiap manusia.

Sehingga dengan mentaati norma yang berlaku tersebut membuat kehidupan di dalam masyarakat menjadi lebih harmonis dan damai. Begitu sebaliknya, dimana jika suatu masyarakat tidak mentaati etau melanggar pastinya akan di kenakan sanksi dan akan meneriam kerugian, baik untuk dirinya atau orang lain. Bukan hanya itu saja, Norma ternyata memiliki banyak Fungsi di dalam kehidupan bermasyarakat serta memiliki banyak sekali jenisnya. Sehingga di dalam artikel ini hanya di fokuskan sementara pada perngertiannya saja dan agar lebih jelas berikut ini akan di definisikan menurut berbagai Para Ahli.

Pengertian Norma

Beberapa para ahli akan menjelaskan mengenai pengertian Norma, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. John J. Macionis

John J. Macionis yang merupakan salah satu ahli di bidangnya menjelaskan bahwasanya Norma memiliki arti yakni berbagai aturan serta harapan di  masyarakat yang merupakan pedoman pada perilaku dari setiap anggotanya.

2. E. Ultrecht

Lalu yang ke-2 Para ahli yang bernama E. Ultrecht mengungkapkan bahwa Norma adalah suatu himpunan berupa petunjuk hidup yang mengatur dari berbagai suatu tata tertib di dalam masyarakat atau bangsa dimana peraturan tersebut harus di taato pada setiap masyarakatnya, Jika peraturan tersebut di langgar maka akan di beri sangksi oleh pemerintah

3. Robert Mz. Lawang

Beliau juga menjelaskan mengenai Norma dimana memiliki pengertian berupa gambaran terkait dengan apa yang di inginkan baik serta pantas sehingga menjadikan banyak orang beranggapan yang baik serat perlu di hargai berkelanjutan.

4. A. Ridwan Halim

Ridwan Halim yang juga merupakan salah satu Para Ahli di bidangnya menjelaskan bahwa Norma merupakan segala peraturan baik yang tertulis atau tidak dan pada intinya mengenai suatu peraturan yang berlaku dan di gunakan sebagai acuan atau pedoman yang harus di taati pada setiap Individu di tengah masyarakat.

5. Bagja Waluya

Kemudian para Ahli yang ke-5 bernama Bagja Waluya menganggap Norma adalah suatu bentuk yang kongkret dari berbagai nilai yang berupa pedoman, yang mana di dalamnya berisi suatu kewajiban untuk Individu atau masyarakat dalam berprilaku.

6. Robert P. Lamm

Robert P. Lamm menjelaskan bahwsanya Norma adalah suatu standar dari sebuah prilaku yang lurus yang harus di jaga pada setiap Masyarakat.

7. Hans Kelsen

Beliau menyatakan bahwasanya Norma merupakan suatu perintah yang sifatnya tidak personal dan anonim.

8. Achmad D. Marimba

Kemudian Achmad D. Marimba menyatakan bahwa Norma adalah yang berlaku dengan sifatnya yang alamiah pada masyarakat serta dapat beruba-ubah berdasarkan kesepakatan serta persetujuan dari suatu masyarakat di dimensi ruang dan waktu tertentu.

9. Craig Calhoun

Selanjutnya para ahli yang bernama Craig Calhoun, menerangkan dimana Norma adalah suatu aturan atau sebagai pedoman yang di dalamnya menyatakan terakait dengan bagaiman seseorang seharunya bertindak pada suatu situasi yang tertentu.

10. Aulia, Tia Oktaviani Sumarna, dan Arya Hadi Dharmawan

Menurut mereka bahwasanya Norma memiliki arti berupa standarr tingkah laku yang ada dan di berlakukan di Masyarakat.

11. Richard T. Schaefer & Robert P. Lamm

Kedua para ahli tersebut menjelaskan, Norma adalah sebuah standart prilaku yang mapan serta di jaga oleh suatu masyarakat.

12. Ariefa Efianingrum

Ariefa Efianingrum memiliki pemikiran mengenai Norma dimana memiliki arti dari suatu aturan dan dapat di jadikan sebagai patokan baik secara tertulis maupun tidak yang di dalamnya terdapat berbagai fungsi sebagai pedoman tindakan serta dapat juga di jadikan sebagai tolok ukuran yang benar atau salahnya dari suatu perbuatan.

13. Soerjono Soekanto

Ia menjelaskan yang mana Norma adalah suatu perangkat dengan fungsi agar hubungan antar masyarakat bisa terjalin dengan baik.

14. Ferdy Roring

Ferdy Roring mengatakan bahwa Norma adalah suatu konvensi social yang di dalamnya mengatura dari suatu kehidupan manusia.

15. Isworo Hadi Wiyono

Beliau pun menjelaskan bahwa Norma adalah suatu  peraturan atau sebagai petunjuk hidup dengan memberikan berbagai ancar perbuatan baik yang boleh di jalankan dan mana saja yang harus di hindari.

16. Hamid Syahrul Aminuddin

Hamid Syahrul Aminuddin menyatakan bahwa Norma adalah sebuah pola prilaku yang dapat di terima di sebuah lingkungan social tertentu.

17. Marvin E. Shaw

Marvin E. Shaw yang juga adalah Para Ahli di bidangnya menyatakan Normal adalah suatu peraturan dari tingkah laku yang di tegakan atau di asaskan oleh setiap Anggota kelompok untuk yang mengekalkan keselarasan tingkah laku.

18. Broom & Selznic

Beliau mengungkapkan bahwa Norma ialah sesuatu yang di rancang secara ideal dari prilaku manusia yang memberiklan berbagai batasan bagi setiap Anggota masyarakat dalam mencapai tujuan hidupnya.

19. AA Nurdiaman

AA Nurdiaman menjelaskan mengenai Norma, yang mana memiliki arti berupa tatanan hidup yang di dalamnya di tulisa beberapa aturan dalam pergaulan hidup serta bermasyarakat.

20. Antony Giddens

Menurut Antony Giddens Norma merupakan suatu prinsip atau aturan yang sudah konkret, dan seharusnya di perhatikan oleh setiap anggota masyarakat.

21. Bellebaum

Kemudian yang terakhir Para Ahli yang bernama Bellebaum menerangkan dimana Norma memiliki arti suatu alat dalam mengatur masyaralat agar setiap Individu yang bertingkah laku berdasarkan keyakinan serta berbagai sikap tertentu.

Jadi dengan berbagai ulasan dari para ahli di atas kita dapat menyimpulkan bahwasanya di dalam lingkungan nasyarakat harus mematuhi berbagai norma yang berlaku dan telah di tetapkan di dalam maysrakat agar lingkungan masyarakat menjadi nyaman dan tentram.

Mungkin hanya itu saja yang dapat di jelaskan mengenai 21 Pengertian Norma Menurut Para Ahli Terlengkap. Sehingga anda bisa jadikan artikel ini sebagai refrensi jika di perlukan untuk berbagai kegiatan mengajar atau kebutuhan lainnya. Semoga Bermanfaat

Baca Juga :

21 Pengertian Norma Menurut Para Ahli “Terlengkap” | saranailmu | 4.5
Shares