20 Pengertian Politik dan Definisinya Menurut Para Ahli Lengkap

20 Pengertian Politik dan Definisinya Menurut Para Ahli Lengkap
Rate this post

Pengertian Politik Dan Definisi Politik Menurut Para Tokoh dan Ahli

Pengertian Politik Menurut Para Ahli – Tentu saja sebagai warga negara dengan melihat berbagai berita banyak yang membahas mengenai Politik dan tentunya andapun tidak asing lagi mendengar kata Politik, Tapi apa sebenarnya Apa itu Politik?

Jika di uraikan secara spesifik Politik berdasarkan dari bahasa yunani yakni polis yang memiliki arti  Negara kota. Kemudian jika di lihat dari etimologi Politik sendiri masih terkait dan erat hubungannya dengan asal kata politis sehingga masih ada hubungannya dengan politik. Jadi bisa di katakan bahwasanya Kata politisi adalah orang yang menjalankan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan dunia Politik. Menurut beberapa ahli dan tokoh politik mempunyai pemaknaan yang cukup beragam mengenai pengertian dari politik. Dibawah ini akan di jelaskan beberapa Definis mengenai politik menurut para ahli :

Pengertian Politik dan Definisi Politik Menurut Para Ahli

  1. Menurut Andrew Heywood, politik memiliki arti suatu kegiatan bangsa yang memiliki tujuan dalam membuat, mempertahankan, dan mengamandemen berbagai peraturan yang umum mencangkup mengatur kelangsungannya, sehingga dalam hal ini tidak terlepas dari gejala konflik serta kerjasama.
  2. Roger Soltau, Menjelaskan bahwasanya politik adalah sebuah ilmu yang meneliti Negara, tujuan Negara, serta lembaga Negara yang  ada di dalamnya yang mana melaksanakan tujuan tersebut. Termasuk hubungan antara Negara terhadap warga negaranya dan juga Negara lain.
  3. Menurut Robert, politik merupakan Ilmu pemerintah serta mengatur masyarakat manusia di dalamnya.
  4. Berbeda penjelasan menurut A Robson, dimana politik merupakan ilmu yang mempelajari kekuasaan di dalam masyarakat, yakni di antaranya berupa sifat hakiki, dasar, proses-proses, ruang lingkup dan hasil.
  5. Paul Janet, mengungkapkan bahwa politik merupakan ilmu yang mengatur terkait dengan perkembangan Negara termasuk prinsip pemerintahannya.
  6. Menurut Harold Laswell, politik adalah suatu ilmu yang mempelajari berbagai ruang lingkup negara diantaranya seperti pembentukan dan pembagian kekuasaan.
  7. Ramlan Surbakti, politik memiliki arti tersendiri yakni sebuah proses interaksi dengan pemerintah serta masyarakat bertujuan menentukan kebaikan terhadap masyarakat yang berada pada suatu wilayah tertentu.
  8. Isjwara, politik merupakan sebuah perjuangan yang memiliki tujuan untuk memperoleh kekuasaan atau sebagai dasar teknik menggerakan kekuasaan.
  9. Kartini Kartolo, politik adalah kegiatan perilaku atau bisa di artikan pula suatu proses yang menggunakan kekuasaan bertujuan menegakkan peraturan serta berbagai keputusan yang sah kemudian di berlakukan kepada masyarakat.
  10. Cheppy H.Cahyono, politik ialah beberapa macam aktivitas yang di dalamnya terdapat system politik atau Negara yang masih erat hubungannya dengan proses menentukan dan juga sekaligus menjalankan tujuan daripada sistem tersebut
  11. Carl Schmidt, Menjelaskan politik adalah suatu ruang lingkup yang didalamnya terdapat orang-orang lebih membuat keputusan-keputusan dibandingkan dengan lembaga-lembaga abstrak
  12. Menurut Litre, politik merupakan sebuah ilmu memerintah dan terkiat dengan mengatur Negara
  13. Sri Sumantri, Menurut beliau politik adalah pelembagaan yang masih erat hubungannya terhadap manusias satu dengan yang lainnya yang dilembagakan dalam berbagai macam badan politik termasuk suprastruktur politik serta infrastruktur politik
  14. Wilbur White, politik merupakan suatu ilmu yang meneliti asal mula, bentuk-bentuk serta proses-proses Negara dan pemerintah
  15. Ossip K.Flechteim, menganggap bahwasanya politik merupakan ilmu sosial yang secara khusus mempelajari/Menganalisa sifat dan tujuan dari Negara berdasarkan Negara adalah organisasi kekuasaan, beserta sifat kemudian tujuan efek kekuasaan lain yang tak resmi yang diperloleh dengan mempengaruhi Negara
  16. Seely dan Stephen Leacock, politik memiliki arti yakni sebuah ilmu yang masih terkait dalam menangani pemerintahan
  17. Adolf Grabowsky, Menjelaskan politik adalah suatu kegiatan dalam menyelidiki Negara dalam keadaan bergerak
  18. Aristoteles, politik merupakan usaha yang dijalankan oleh warga Negara bertujuan untuk mewujudkan kebaikan bersama
  19. Ibnu Aqil, politik memiliki pengertian berbagai hal simpel yang lebih mendekati kemaslahatan bagi manusia dan lebih jauh dari kerusakan walaupun tidak digariskan oleh Rasulullah SAW
  20. Rod Hague, politik adalah suatu kegiatan yang masih ada kaitannya dengan bagaimana cara kelompok tertentu untuk mencapai berbagai keputusan yang sifatnya kolektif serta mengikat berdasarkan usaha untuk mendamaikan perbedaan-perbedaan diantara anggota-anggotanya.

Dengan membaca pengertian Politik dari 20 Para Ahli di atas tentu anda sekarang sudah mengerti apa yang di maksud dengan Politik? Jadi kesimpulannya secara garis besar Politik sendiri adalah Ilmu atau kegiatan yang masih erat kaitannya dengan berbagai kegiatan kenegaraan untuk mencapai suatu tujuan demi kebaikan bersama.

Baca Juga :

20 Pengertian Politik dan Definisinya Menurut Para Ahli Lengkap | saranailmu | 4.5
Shares