20 Pengertian Kebijakan Publik Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

20 Pengertian Kebijakan Publik Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Kebijakan Publik – Mungkin anda sering mendengar istilah tentang kebijakan publik, tetapi tak banyak orang yang tahu apa arti dan maknanya. Berikut ini penjelasan lengkap tentang pengertian kebijakan publik menurut para ahli secara lengkap.

20 Pengertian Kebijakan Publik Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Kebijakan Publik Menurut Para Ahli

  1. Pengertian kebijakan publik menurut Easton (1969) adalah pengalokasian nilai kekuasaan untuk seluruh masyarakat yang keberadaannya meningkat.
  2. Pengertian kebijakan publik menurut Thomas R. Dye (1981) adalah apa yang tak dilakukan atau apa yang dilakukan oleh pemerintah.
  3. Pengertian kebijakan publik menurut Chandler dan Plano (1988) adalah pemanfaatan yang strategis pada sumber daya yang ada, dalam memecahkan masalah publik/pemerintah.
  4. Pengertian kebijakan publik menurut Jonnes (1977) adalah kelanjutan dari kegiatan pemerintah di masa lalu, hanya dengan mengubahnya sedikit demi sedikit.
  5. Pengertian kebijakan publik menurut Anderson (1975) adalah kebijakan yang dibangun oleh badan dan pejabat pemerintah.
  6. Pengertian kebijakan publik menurut Chief J.O Udoji adalah An sanctioned of action addressed to a particular problem or group of related problems that affect society at large. Artinya tindakan yang memiliki sangsi yang mengarah pada tujuan tertentu, yang diarahkan pada suatu masalah atau sekelompok masalah tertentu yang saling berhubungan dan memengaruhi sebagian besar warga masyarakat.
  7. Pengertian kebijakan publik menurut Edward adalah What governmernt say and do, or do not do. It is the goals or purposes of governments programs. Artinya apa yang dinyatakan serta dilakukan atau yang tak dilakukan oleh pemerintah, termasuk dalam kebijakan publik.
  8. Pengertian kebijakan publik menurut Woll adalah sejumlah aktivitas dari pemerintah dalam memecahkan masalah di masyarakat, baik secara langsung atau melalui beragam lembaga yang memengaruhi kehidupan di masyarakat.
  9. Pengertian kebijakan publik menurut W.N. Dunn adalah daftar tindakan yang saling berkaitan yang disusun oleh instansi, atau pejabat pemerintah antara lain yaitu di bidang pertahanan, kesehatan, pendidikan, kesejahteraan, pengendalian kriminalitas, dan pembangunan perkotaan.
  10. Pengertian kebijakan publik menurut Irfan Islami adalah serangkaian tindakan yang ditetapkan serta dilaksanakan atau tak dilaksanakan oleh pemerintah, yang memiliki tujuan atau berorientasi dalam tujuan tertentu, untuk kepentingan seluruh masyarakat.
  11. Pengertian kebijakan publik menurut Thomas Dye adalah segala hal yang dikerjakan dan tak dikerjakan pemerintah, mengapa suatu kebijakan harus dilakukan, dan apakah manfaatnya untuk kehidupan bersama, harus menjadi pertimbangan yang holistik supaya kebijakan itu mengandung manfaat yang besar untuk warganya serta memiliki dampak yang kecil dan juga sebaliknya. Tidak menimbulkan masalah yang merugikan, meskipun begitu pasti ada pihak yang diuntungkan dan ada juga yang dirugikan, disitulah letak pemerintah harus bijaksana dalam menetapkan kebijakan.
  12. Pengertian kebijakan publik menurut Robert Eyestone hubungan unit pemerintah dengan lingkungannya.
  13. Pengertian kebijakan publik menurut Sulaiman (1988:5) adalah kebijakan negara/pemerintah yang dikembangkan oleh beberapa badan atau lembaga serta pejabat pemerintah.
  14. Pengertian kebijakan publik menurut Bill Jenkins adalah keputusan yang berdasarkan pada hubungan kegiatan, yang dilakukan oleh aktor politik untuk menentukan tujuan serta mendapat hasil berdasarkan pada pertimbangan situasi tertentu.
  15. Pengertian kebijakan publik menurut G.Peters adalah sejumlah kegiatan pemerintah, baik yang dikerjakan sendiri atau melalui lembaga lain yang akan memengaruhi di dalam kehidupan masyarakat.
  16. Pengertian kebijakan publik menurut Carl Friedrich adalah usulan dari arah tindakan atau kebijakan yang diajukan oleh seseorang, kelompok atau pemerintah untuk mengatasi hambatan atau untuk memanfaatkan kesempatan di sebuah lingkungan tertentu. Dalam rangka mencapai tujuan atau bisa merealisasikan sasaran.
  17. Pengertian kebijakan publik menurut Henz Eulau dan Kenneth Previt adalah keputusan tetap yang ditandai oleh kelakuan yang berhubungan dan berulang, pada mereka yang membuat kebijakan serta yang melaksanakannya.
  18. Pengertian kebijakan publik menurut Amara Raksasataya adalah rangkaian tindakan yang saling berkaitan.
  19. Pengertian kebijakan publik menurut wikipedia adalah kebijakan yang dibuat oleh pemerintah, sebagai pembuat kebijakan dalam mencapai tujuan tertentu di masyarakat yang dimana dalam penyusunannya melalui beragam tahapan.
  20. Pengertian kebijakan publik menurut Leo Agustino (2008:7) adalah serangkaian tindakan atau kegiatan yang diusulkan oleh seseorang, kelompok atau pemerintah di dalam lingkungan tertentu yang dimana ada hambatan atau kesulitan serta kemungkinan dan kesempatan yang dimana kebijakan itu diusulkan, supaya berguna dalam mengatasinya dalam mencapai tujuan tertentu.
Baca Juga :   5 Jenis Perusahaan Menurut Bidang dan Lapangan Usahanya Beserta Contohnya "Lengkap"

Itulah pengertian kebijakan publik menurut para ahli yang lengkap, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda semua. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :