2 Rumus Skala Peta dan Cara Menghitung Skala Peta “Dengan Benar”

2 Rumus Skala Peta dan Cara Menghitung Skala Peta “Dengan Benar”
Rate this post

Rumus Skala Peta dan Cara Menghitungnya

Skala peta – secara umum, hitungan skala peta bisa digunakan dalam menghitung jarak yang sesungguhnya pada wilayah yang sudah digambarkan dalam sebuah peta. Begitupun sebaliknya, dengan cara membandingkan jarak dipeta terhadap jarak sesungguhnya, kamu bisa mengetahui berapa skala peta.

Dibawah ini beberapa cara dapat dilakukan untuk perhitungan skala pada peta.

A. Perhitungan dengan Skala Angka

Dalam perhitungan skala angka, jika kamu ingin menghitung jarak yang sesungguhnya menggunakan peta, maka kamu bisa menggunakan rumus yang sudah ditulis berikut ini.

Perhitungan dengan Skala Angka

Sebelum mengetahui rumusnya, kamu harus tahu dulu cara membaca pada tulisan skala 1 : 1.000.000. Tulisan ini artinya ialah jika setiap jarak 1 satuan di peta, akan setara pada jarak 1.000.000 satuan sesungguhnya. Jika satuan yang digunakan ialah cm, maka tulisan 1 : 1.000.000 artinya setiap pada jarak 1 cm pada peta, itu mewakili jarak 1.000.000 cm jarak sebenarnya.

Pada skala ini, menggunakan satuan centimeter yang sudah dijadikan sebagai satuan skala resmi internasional. Akan tetapi ada sebagian negara memakai satuan inci dengan perbandingan satuan mil. Sebagian negara yang dimaksud ialah negara Inggris dengan negara negara di persemakmuran Inggris.

Contoh untuk menghitung jarak sebenarnya.

Diketahui sebuah peta mempunyai skala 1:10.000.000. Sedangkan jarak kota A dengan kota B ialah 5cm. Maka berapa jarak sebenarnya diantara kota A dengan kota B?

Jawab:

Jarak yang sesungguhnya ialah 5 cm / 1 : 10.000.000

= 5 × 10.000.000 / 1

= 50.000.000 cm.

Jadi, jarak yang sesungguhnya dari kota A ke kota B ialah 50.000.000 cm atau jarak yang sesungguhnya dalam satuan km ialah 500 km.

Sedangkan untuk mencari tahu skala menggunakan peta, kamu bisa memakai rumus berikut ini.

Baca Juga :   Pendiri Budi Utomo: Budi Utomo Didirikan pada Tanggal...

Rumus Skala Peta Lengkap

Perhitungan dengan Skala Angka

Contoh mencari skala pada peta.

Diketahui jika jarak antara kota A dan kota B dalam sebuah peta ialah 4 cm. Sedangkan jarak yang sebenarnya diantara kota A dengan kota B ialah 80 km. Maka berapakah skala pada peta berdasarkan satuan cm?

Jawab:

Rumus Skala = Jarak di Peta : Jarak yang sesungguhnya

= 4 cm : 80 km

= 4 cm : 8.000.000 cm

= 1 : 2.000.000

Jadi, hasil skala pada peta tersebut ialah 1 : 2.000.000.

B. Perhitungan Menggunakan Skala Batang

Dalam perhitungan menggunakan skala batang, kamu harus menggunakan ukuran dari batang grafis ataupun garis lurus yang terdapat dibagian bawah gambar peta. Dalam garis batang maupun grafis batang jarak sebuah ruas ataupun kolom ialah sama. Setiap ruas juga mewakili jarak tertentu.

Selain itu, skala batang dan juga skala angka memiliki perbedaan. Jika sebuah peta diperkecil, dengan cara difotokopi, maka skala batangnya masih tetap bisa digunakan tanpa harus dikonversi.

Umumnya pada skala batang setiap ruas sepanjang 1 cm, dan mewakili pada jarak yang sesungguhnya. Misalnya skala pada sebuah peta ialah 1 : 100.000, ini berarti skala batangnya mempunyai panjang setiap ruas 1 cm.

Contohnya:

Diketahui jarak antara desa A dengan desa B dalam sebuah peta pada skala batang ialah 4 ruas. 1 ruas dari peta tersebut mewakili 1 km. Berapakah jarak desa A dengan desa B yang sebenarnya?

Jawab :

Dikarenakan masing masing ruas atau 1 ruas telah mewakili jarak 1 km, itu berarti jarak antara kedua desa tersebut ialah : 4 x 1 = 4 km.

Bagaimana, apakah anda sekarang sudah mengerti mengenai Rumus Skala Peta dan Cara Menghitung Skala Peta ? semoga bermanfaat

Baca Juga : 

2 Rumus Skala Peta dan Cara Menghitung Skala Peta “Dengan Benar” | saranailmu | 4.5