17 Pengertian Metode dan Definisinya Menurut Para Ahli

17 Pengertian Metode dan Definisinya Menurut Para Ahli
Rate this post

Pengertian Metode dan Definisinya Menurut Para Ahli

Pengertian Metode Menurut Para Ahli – Sering kita mendengar kata metode baik pada saat sekolah atau di halayak umum, namun apa sebenarnya arti dari Metode tersebut?

Motode adalah suatu strategi atau bisa di bilang cara yang di pergunakan oleh pengajar (Guru) dalam proses berlajar mengajar agar tujuan yang di inginkan bisa tercapai, ketika metode yang di gunakan tepat oleh pengajar maka proses pembelajaran akan semakin baik pula. Atau dengan kata lain Metode mamiliki arti berupa cara yang harus di lakukan dalam mencapai tujuan tertentu.

Menurut berbagai para ahli mengenai pengertian dan definisi Metode memiliki arti yang berbeda, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Rothwell & Kazanas

Menurut Rothwell & Kazanas Metode merupakan suatu cara dan pendekatan dalam proses mengutarakan Informasi

2. Titus

Kemudian yang kedua yakni Titus menjelasakan bahwasanya Metode memiliki arti berupa rangkaian cara atau sebuah langkah yang tertata atau telah di setting sedimikian rupa untuk menegaskan pada suatu bidang keilmuan tertentu.

3. Macquarie

Kemudian para ahli lainnya bernama Macquarie menjelaskan bahwa metode adalah cara melakukan suatu hal terkait dengan rencana tertentu.

4. Wiradi

Wiradi berpendapat bahwasanya Metode adalah sebuah cara atau langkah yang perlu di lakukan dengan ketentuan sudah tersusun atau tertata secara sistematis (Urutan Logis)

5. Almadk (1939)

Metode ialah sebuah cara yang di lakukan dengan menggunakan berbagai prinsip terhadap penemuan, pengesahan serta penjelasan yang benar adanya.

6. Ostle (1975)

Metode memiliki arti suatu pengejaran terhadap sesuatu yang ingin di peroleh atau di capai  (interelasi.)

7. Drs. Agus M. Hardjana

Ia menjelaskan bahwa Metode adalah cara yang sebelumnya sudah di fikirkan secara matang dan di kerjakan berdasarkan langkah yang sudah di atur agar mencapai suatu tujuan tertentu.

8. Hebert Bisno (1969)

Lalu yang ke-8 seorang ahli bernama Hebert Bisno berpendapat bahwasanya metode merupkan berbagai teknik yang di generalisasikan secara baik sehingga bisa di terima serta di pergunakan secara sama dalam suatu ketentuan seperti satu disiplin, praktek, atau bidang disiplin dan praktek

9. Max Siporin (1975)

Para ahli lainnya bernama Max Siporin mengatakan Metode adalah suatu orientasi kegiatan yang secara khusus di tujukan sebagai persyaratan berbagai tugas serta tujuan yang nyata.

10. Rosdy Ruslan (2003:24)

Metode adalah aktivitas ilmiah yang masih berkenaan pada suatu cara kerja yang tersusun (Sistematis) di tujukan agar dapat memahami suatu subjek atau objek pada sebuah penelitian, sebagai salah satu cara untuk menemukan jawaban yang bisa di pertanggung jawabkan ilmiah serta keabsahannya.

11. Nasir (1988:51)

Nasir pun menuturkan bahwa Metode memiliki arti suatu cara yang di lakukan dalam memahami sebuah objek terhadap ilmu yang bersangkutan.

12. KlikSaya

Metode ialah cara kerja yang tersusun secara sistematis berguna untuk memudahkan berbagai kegiatan berbagai pelaksanaan dalam mencapai suatu tujuan yang di inginkan.

13. Arti Kata

Metode bisa di artikan merupakan cara yang tertata, tersusun dan tersistem yang berguna dalam melakasanakan suatu pekerjaan sehingga tercapai sesuai yang di kehendaki.

14. Kamus Bahasa Indonesia

Dalam Kamus Bahasa Indonesia di jelaskan Metode adalah suatu cara kerja yang tersistem digunakan untuk mempermudah dalam melakukan berbagai pelaksanaan suatu kegiatan dalam mencapai tujuan yang telah di tentukan.

15. Depatemen Sosial RI

Metode merupakan cara yang sudah di atur sedemikian rupa sehingga tersusun dengan baik digunakan untuk melaksanaan berbagai pekerjaan agar mendapatkan hasil sesuai yang di inginkan.

16. Nana Sudjana, 1988: 76

Sedangkan dalam hal ini masih berkenaan dengan Metode mengajar dalam arti secara khusus digunakan oleh pengajar (Guru) dalam mengadakan kegiatan belajar mengajar terhadap siswa pada saat berlangsungnya kegiatan tersebut..

17. Sutomo, 1993: 155

Dalam artian lainnya Metode mengajar merupakan suatu alat yang di pergunakan untuk mencapai tujuan yang di kehendaki, sehingga samakin baik penggunaan metode mengajar memungkinkan keberhasilan dalam mencapai tujuan semakin mudah, misalnya saja jika guru bisa memilih metode yang tepat dan disesuaikan dengan bahan ajar, mencangkup murid, situasi kondisi, media pengajaran maka akan semakin berhasil tujuan pengajaran yang hendak di capai.

Melihat dari berbagai pendapat menurut para ahli di atas, dapat di simpukan bahwasanya berbagai cara yang di gunakan dan di lakukan oleh guru guna melakukan proses belajar-mengajar, sehingga pada setiap individu yang di ajar tersebut dapat menyerap, mencerna dan mampu meenerima dalam hal mengembangkan dari bahan-bahan/materi yang telah di ajarkan agar tujuan dapat tercapai.

Baca Juga :

17 Pengertian Metode dan Definisinya Menurut Para Ahli | saranailmu | 4.5
Shares