16 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli dan KBBI Terlengkap

Posted on
16 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli dan KBBI Terlengkap
Rate this post

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli dan KBBI

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli – Tentunya anda sering mendengar kata budaya atau dalam bahasa inggrisnya yakni culture, namun apa arti sebenarnya budaya tersebut, ada yang tahu? Negara kita Tanah Air Indonesia ini yang tersebar dengan berbagai pulau ternyata memiliki budayanya sendiri seperti Jawa, Medan, Kalimantan, Sulawesi dan masih banyak lainnya. Agar lebih jelas dan detail mengenai pengertian Budaya, mari kita simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

16 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli dan KBBI Terlengkap

Pengertian Budaya

Budaya merupakan asal kata dari bahasa sansekerta yang berarti “buddhayah” dan memiliki arti dimana segala sesuatu yang masih erat hubungannya terhadap akal serta budi manusia. Sedangkan jika di lihat dari segi harfiahnya, Budaya merupakan cara hidup yang di miliki pada setiap kelompok Masyarakat lalu di wariskan secara turun – menurun ke generasi penerusnya. Dari berbagai perbedaan yang ada di tengah masyarakat seperti Agama, Politik, Suku, Peraturan, bangun atau seni akan membentuk dari suatu budaya itu sendiri.

Untuk Definisi dari Budaya menurut Para ahli ternyata berbeda-beda meski beberapa di antaranya masih memiliki arti yang sama. Untuk lebih jelasnya mengenai Pengertian Budaya Menurut Para Ahli, dapat anda lihat selengkapnya dibawah ini.

Pengertian dan Definisi Budaya Menurut Para Ahli

Soelaiman Soemardi & Selo Soemardjan

Menurut beliau bahwsanya Kebudayaan adalah sebuah dari hasil karya yang tercipta dari Masyarakat. Sehingga bisa di bilang kebudayaan itu sendiri masih erat hubungannya dengan perkembangan yang ada di tengah masyarakat.

Seokmono

Beliau merupakan seorang arkeolog mengungkapkan bahwa Budaya memiliki arti berupa hasil kerja atau usaha manusia sehingga menghasilkan suatu benda atau buah dari pemikiran manusia di masa kehidupannya.

Lehman, Himstreet, dan Batty

Kemudian para ahli lainnya bernama Lehman, Himstreet, dan Batty Mendefinisikan dari pengertian budaya tersebut dimana memiliki arti suatu kumpulan dari beberapa pengalaman hidup yang di lalui oleh sekelompok masyarakat tertentu. Pengalaman Hidup yang di masksud dalam hal ini di antaranya yakni kepercayaan, perilaku, & gaya hidup suatu masyarakat.

Jensen dan Trenholm

Sedangkan, menurut para hali yang bernama Jensen dan Trenholm, mengungkapkan bahwsanya Budaya memiliki arti suatu norma, kepercayaan, aturan serta suatu adat pada daerah tertentu. Budaya di lakukan dengan mengikat secara berkelompok dan di lakukan secara sadar.

Baca Juga :   10 Pengertian Komputer Menurut Para Ahli "Paling Lengkap"

Geert Hofstede

Beliau pun menjelaskan bahwsanya Budaya merupakan program yang sengaja di buat oleh suatu kelompok yang kedepannya di gunakan untuk membedakan antara kelompok satu dengan lainnya. Budaya pun memiliki berbagai nilai yang wajib di taati karena itu merupakan ketentuan inti dari seuatu budaya.

Ki Hajar Dewantara

Beliau menuturkan , budaya sangat berpengaruh terhadap kondisi alam khususnya di Indoesia serta perubahan zaman yang selalu berjalan.

Edward T Hall

Para ahli bernama Edward T Hall, berpendapat bahwa Edward T Hall merupakan sebuah alat komunikasi yang sangat penting perannya dalam melakukan komunikasi dengan orang lain.

Parsudi Suparian

Budaya adalah suatu landasan berdasarkan dari prilaku manusia. Dengan adanya budaya, masyarakat dapat memahami semua hal yang berada di sekitar lingkungannya dan pengalaman yang pernah terjadi selama masa hidupnya.

Selo Soemardjan

Para ahli yang bernama Selo Soemardjan, menjelasnkan budaya adalah hasil karua yang di hasilkan dari sekelompok masyarakat.

Linton

Beliau juga mengatakan bahwa Budaya merupakan pengetahuan, Sikap serta pola pikir masyarakat yang di dapatkan secara turun temurun oleh pendahulunya.

Effat Al-Syarqawi

Effat Al Syarqawi Menjelaskan budaya menurut dari pandangan Islam adalah khazanah kelompok masyarakat di lihat dari kehidupan masyarakat yang memiliki tujuan rohani

Koentjaraningrat

Budaya adalah suatu kegiatan manusia yang didalamnya terdapat unsur dalam mengubah alam.

B Taylor

B Taylor berpendapat, kebudayaan masih terkait dengan kepercayaan, moral, hukum, adat, pengetahuan dan kemampuan masyarakat di dalam kehidupan.

KBBI

Berdasarkan dari KBBI, Budaya memiliki arti sebuah pemikiran, adat istiadat atau akal budi. Kemudian di lihat dari tata bahasa arti kebudayaan merupakan kata dasar budaya yang mana lebih mengacu kepada cara berpikir manusia.

Sehingga kita dapat menyimpulkan bahwasanya Pola pikir dan cara manusia bertindak pasti tidak jauh dari budaya yang mereka miliki. Selain 16 Pengertian Budaya Menurut Para Ahli , budaya juga terdiri dari berbagai unsur budaya yang saling melengkapi dari budaya tersebut. Karena Unsur budaya akan melahirkan norma, sistem dan peraturan yang harus dipatuhi oleh setiap orang dari kelompok masyarakat tersebut.

Baca Juga :