15 Sifat dan Ciri-Ciri Wanita Sholehah Dalam Pandangan Islam

Posted on
15 Sifat dan Ciri-Ciri Wanita Sholehah Dalam Pandangan Islam
5 (100%) 1 vote

Wanita sholehah memiliki pengertian yang cukup mendalam. Karena tidak bisa diartikan dengan kata yang sederhana. Sikap wanita sholehah juga mencerminkan bagaimana prilaku dan hatinya. Lalu apa saja sikap dan cirri wanita sholehah itu? Simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Sifat dan Ciri-Ciri Wanita Sholehah dalam Pandangan Islam

Dalam ajaran islam, kedudukan wanita sangat tinggi. Karena islam menjaga harkat martabat wanita tersebut. Sedangkan di agama islam menyatakan jika wanita yang dimuliakan ialah wanita sholehah.
Sehingga muslimah tak cukup dengan muslimah saja. Melainkan juga harus mulia dan mempunyai sifat sholehah. Berikut ini cirri cirri wanita sholehah yang bisa anda renungkan.

1. Wanita Yang Beriman

Pastinya cirri yang pertama adalah wanita sholehah merupakan wanita beriman kepada Allah SWT dan juga Rasulnya Nabi Muhammad SAW serta mengakui jika agama Islam adalah pedoman bagi hidupnya.

2. Wanita Yang Selalu Menjaga Sholat

Selain iman ke pada Allah dan Rasulnya, wanita sholehah juga harus selalu menjaga shalatnya. Dalam artian menjaga shalat dengan melaksanakan tepat waktu, dan menjaga wudhunya. Shalat juga harus dijalankan dengan khusyu’. Karena sholat adalah tiang agama yang harus ditegakkan supaya terhindar dari perbuatan yang dibenci Allah.

3. Wanita Yang Paham Tentang Ajaran Islam

Salah satu cirri wanita sholehah adalah paham tentang ajaran agama islam serta dapat membaca ayat-ayat alquran kemudian mengamalkannya dalam kehidupan sehari hari. ini adalah dasar yang sangat penting dalam mewujudkan rumah tangga yang berpondasi kokoh dan selalu memperoleh ridho dari NYA.

4. Wanita Yang Pandai Mengaji

Ada banyak sekali kemulyaan bagi wanita yang pandai mengaji ayat-ayat alquran. Bukan hanya bisa menyejukkan hati, suara lantunan ayat al-quran juga bisa merangsang pertumbuhan otak anak serta meningkatkan intelegensinya. Bagi wanita hamil sangat disarankan sering-sering membaca ayat-ayat al-quran, dengan harapan supaya generasi yang lahir menjadi generari cerdas dan berakhlak mulia.

5. Wanita Yang Taat Kepada Suami

Wanita sholehah juga harus taat kepada suami jika suami mengajak kebaikan dan hal yang di perintahkan bukanlah hal yang di larang oleh Allah. Menjalankan kewajiban terhadap suami dengan rasa ikhlas dan tidak keluar rumah tanpa seizing suami. Semua yang di ridhoi suami adalah hal yang penting bagi wanita agar tidak dilaknat Allah.

6. Wanita Yang Tidak Berkhalwat

Bagi wanita sholehah, dilarang pula bepergian jauh tanpa mahram. Dia juga tidak suka berkhalwat (berdua) dengan orang laki laki yang bukan termasuk mahramnya. Rasulullah menjelaskan dalam sebuah hadits yang maknanya “Tidaklah seorang wanita berkhalwat dengan laki-laki, kecuali setanlah yang menjadi pihak ketiga dari mereka”. (Riwayat Ahmad).

Rasulullah pun melarang wanita berada di pasar pasar atau tempat umum tanpa mahram kecuali karena mendesak. Dengan catatan harus berjilbab.

7. Wanita Yang Tidak Menyerupai Laki-Laki

Wanita shalihah juga bukan wanita yang berpenampilan seperti laki laki. Dalam hal ini, Rasulullah menjelaskan dalam sebuah hadits yang maknanya: “Allah melaknat laki-laki menyerupai wanita maupun wanita-wanita yang menyerupai seperti laki-laki”.

Baca Juga :   Dalil Wakaf, Pengertian, Syarat, Rukun, Dan Hikmah Wakaf

Maupun tidak menyerupai dengan wanita-wanita kafir untuk suatu hal sebagai ciri khusus mereka, dari mulai pakaian, gerak-gerik maupun tingkah laku.

8. Wanita Yang Pandai Menjaga Silaturahmi

Bagi wanita shalehah, menjaga silaturahmi juga sangat penting dikalangan wanita. Mereka juga selalu menyeru agar tetap di jalan Allah dengan cara saling berkunjung. Mereka juga selalu mengamalkan kebaikan dengan sesama.

9. Wanita Yang Selalu Pandai Menjaga Syahwat

Wanita sholehah juga selalu menjaga hati dari bahaya syubhat dan syahwat. Menjaga pandangan mereka dari pandangan yang haram. Didalam surah an nur ayat 31 Allah berfirman yang maknanya: “Hendaklah mereka (wanita beriman) menahan pandangannya, & kemaluannya, dan jangan menampakkan perhiasannya, selain yang (biasa) terlihat dari padanya.

Wanita sholehah harus menjaga kemaluannya, menjaga telinganya dari suara yang tidak baik. Dan juga harus menjaga seluruh anggota badannya dari perbuatan yang dilaknat Allah. Dan yang demkian itu ialah takwa.

10. Wanita Yang Pandai Membagi Waktu

Pintar pintarlah menjaga waktu agar tidak sia sia. Wanita sholehah juga senantiasa menjauhkan diri dari perbuatan ghibah (menggunjing), perbuatan namimah (mengadu domba), serta mencari hal baik yang lebih bermanfaat.
Didalam sebuah hadits riwayat muslim disebutkan yang maknanya: “Janganlah kalian semua saling dengki, membenci, atau saling mencari kesalahan satu sama lain. Atau bersaing pada penawaran, tapi jadilah hamba-hamba yang bersatu”.

11. Wanita Yang Pandai Menjaga Rahasia Suami

Bagi seorang istri, menjaga rahasia suaminya adalah hal yang sangat penting. Karena aib pasangan adalah aibnya juga. Jadi, jagalah rahasia pasangan seperti anda menjaga rahasia sendiri.

Dalam sebuah hadis riwayat Ahmad 6/456 disebutkan yang maknanya: “Janganlah lagi kalian lakukan, sebab yang demikian itu menyerupai syaithan jantan bertemu dengan syaitan betina yang ada di jalan, lalu digaulinya sedangkan manusia menontonnya.

12. Wanita Yang Menjaga Penampilannya Untuk Suami

Wanita sholehah juga selalu menjaga penampilan di hadapan suaminya agar terlihat menarik. Hal ini agar ketika suaminya memandang bisa menyenangkannya. Dalam sebuah hadits Rasulullah juga menjelaskan yang maknanya:
“Maukah aku beritakan padamu tentang sebaik-baik dari perbendaharaan lelaki, adalah istri shalihah yang dipandang menyenangkannya, jika diperintahkan mentaatinya dan jika dia pergi akan menjaga dirinya”. (Hadits Riwayat. Abu Dawud 1417.).

13. Wanita Yang Selalu Setia Mendampingi Suaminya

Saat suami berada di rumah, (tidak bepergian/ safar), seorang istri tidak menyibukkan dirinya melakukan ibadah sunnah atau yang bisa menghalangi suaminya istimta’ (bernikmat-nikmat) dengan dirinya contohnya puasa. Kecuali jika suaminya mengizinkan.

14. Wanita Yang Pandai Bersyukur

Wanita sholehah juga seorang wanita yang pandai dalam mensyukuri pemberian suami. Wanita yang tidak melupakan kebaikan suaminya, karena Rasulullah pernah bersabda yang maknanya:

“Diperlihatkan neraka kepadaku, aku dapati kebanyakan yang menghuni adalah perempuan yang kufur.” Kemudian Ada yang bertanya pada beliau: “Apakah wanita tersebut kufur kepada Allah?” Rasul pun menjawab: “Wanita tersebut mengkufuri suami serta mengkufuri kebaikan suami. Seandainya saja salah seorang dari kamu semua berbuat baik terhadap (istri) setahun penuh, lalu dia melihat darimu sebuah hal yang tak berkenan baginya, dirinya akan berkata: “Aku tak pernah melihat kebaikan sama sekali darimu.” (HR. Al-Bukhari nomor 29 dan HR. Muslim no. 907).

15. Wanita Yang Senantiasa Menjaga Aurat

Hal yang paling terlihat dari wanita sholehah adalah wanita yang senantiasa menjaga auratnya agar selalu tertutup. Apalagi kewajiban wanita muslim adalah menutup aurat serta menjaga aurat dengan baik. Sehingga pakailah pakaian yang syar’i yang bisa menutupi aurat dan menggunakan hijab sebagaimana yang sudah di anjurkan dalam agama islam.

Semoga yang membaca senantiasa menjadi wanita sholehah yang bisa menjaga keimanannya dengan baik. Semoga bermanfaat.

Baca juga: