15 Pengertian Etika Menurut Para Ahli Lengkap

Posted on

15 Pengertian Etika Menurut Para Ahli Lengkap

Pengertian Etika Menurut Para Ahli – Di dalam kehidupan bermasyarakat, dibutuhkan tata cara yang baik dalam bertindak, aturan berperilaku dan sesuai dengan akhlak yang baik. Sehingga etika manusia merupakan cara berperilaku, mengetahui hal-hal yang baik dan buruk, berperangai sesuai dengan norma dan adat.

Etika secara etimologi berasal dari bahasa Yunani “Ethos” yakni adat atau kebiasaan; watak; kesusilaan; sikap; cara berpikir; akhlak. Berikut pengertian dan penjelasan lengkap etika menurut para ahli.

Pengertian Etika Menurut Para Ahli

James J. Spillane SJ

Etika adalah mempertimbangkan/memerhatikan tingkah laku manusia dalam mengambil keputusan, yang berhubungan dengan moral. Etika lebih mengarah pada penggunaan akal budi manusia, dengan objektivitas untuk menentukan benar/salah dan tingkah laku seseorang pada orang lain.

Prof. DR. Franz Magnis Suseno

Etika merupakan suatu ilmu yang memberikan arahan, acuan dan pijakan kepada tindakan manusia.

Soergarda Poerbakawatja

Etika merupakan sebuah filsafat berkaitan dengan nilai-nilai, tentang baik dan buruknya tindakan dan kesusilaan.

Drs. H. Burhanudin Salam

Etika adalah cabang ilmu filsafat yang membicarakan tentang nilai dan juga normal serta bisa menentukan perilaku manusia di dalam kehidupannya.

Drs. O.P. Simorangkir

Etika ialah pandangan manusia terhadap baik dan buruknya perilaku manusia.

  1. Mustafa

Etika adalah ilmu yang menyelidiki perilaku mana yang baik dan buruk, serta memerhatikan perbuatan manusia sejauh apa yang diketahui oleh akal dan pikiran.

W.J.S. Poerwadarminto

Etika adalah ilmu pengetahuan mengenai asas-asas atau dasar-dasar moral dan akhlak.

Drs. Sidi Gajabla

Etika adalah teori mengenai perbuatan/perilaku manusia yang dipandang dari segi baik/buruknya dan sejauh mana bisa ditentukan oleh akal manusia.

Bertens

Etika merupakan nilai dan norma moral yang menjadi acuan bagi manusia secara individu maupun kelompok dalam mengatur segala tingkah lakunya.

Baca Juga :   Suku Minangkabau – Sejarah, Asal Usul Dan Karakteristiknya Lengkap

Ahmad Amin

Etika adalah ilmu yang menjelaskan tentang baik dan buruk dan juga apa yang harusnya dilakukan oleh manusia, dan menyatakan tujuan yang harus dicapai oleh manusia di dalam perbuatannya. Serta yang menunjukkan arah untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan manusia.

Hamzah Yakub

Etika adalah ilmu yang menyelidiki perbuatan mana yang baik dan yang buruk, dan yang memperlihatkan amal perbuatan manusia sejauh yang bisa diketahui oleh akal dan pikiran.

Aristoteles

Ia mengemukakan etika dalam dua pengertian yaitu Terminius Technicus & Manner and Custom. Terminius Technicus adalah ilmu yang mempelajari suatu problema tindakan atau perbuatan manusia. Yang kedua yaitu Manner and Custom yaitu pembahasan etika yang berhubungan dengan tata cara dan juga adat kebiasaan, yang melekat dalam kodrat manusia yang sangat terikat dengan arti baik dan buruknya perilaku, tingkah laku serta perbuatan manusia.

Maryani dan Ludigdo

Etika adalah seperangkat norma, aturan serta pedoman yang mengatur segala perilaku manusia, baik yang harus dilakukan maupun yang harus ditinggalkan oleh yang dianut oleh sekelompok masyarakat atau segolongan masyrakat tertentu.

Martin

Etika adalah disiplin ilmu yang berperan dan menjadi acuan/pedoman dalam mengontrol tingkah laku atau perilaku manusia.

Menurut KBBI

Etika ialah ilmu tentang baik dan buruknya perilaku, hak dan kewajiban moral; sekumpulan asa atau nila-nilai yang berkaitan dengan akhlak; nilai mengenai benar atau salahnya perbuatan atau perilaku yang dianut masyarakat.

Itulah pengertian etika menurut para ahli yang lengkap. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memahami pengertian etika secara umum. Dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :