12 Pengertian Akuntansi Secara Umum dan Menurut Para Ahli Lengkap

12 Pengertian Akuntansi Secara Umum dan Menurut Para Ahli Lengkap
Rate this post

Pengertian Akuntansi Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Pengertian Akuntansi Secara Umum dan Menurut Para Ahli – Mengapa kita harus mempelajari Akuntansi? Bahkan bisa di bilang pada perkualiahan atau SMK memiliki jurusannya sendiri sehingga kita dapat menilai sendiri bahwasanya Akuntansi sangat luas agar bisa dapat di pahami serta di mengerti.

Lalu apa kegunaan dari akutansi itu sendiri? Sebagai orang awam seperti kita ini pastinya sering mendengar dengan kata Akuntansi sehingga keingin tahuan tersebut muncul ketika kita memang memerlukannya atau apakah kedepannya memerlukannya. Akuntansi sangat perlu kita pahami apalagi anda seorang yang memiliki usaha atau bekerja di suatu Instansi atau perusahaan. Karena Akuntansi masih sangat erat hubungannya dengan manajemen dan juga Bisnis.

Untuk bisa menjawab semua pertanyaan tersebut maka dalam hal ini akan di bahas mengenai Pengertian Akuntansi Secara Umum dan juga Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli.

Apa itu Akuntansi?

Jika melihat dari pengertian Akuntansi secara umum, Maka akuntansi adalah suatu cabang Ilmu yang mempelajari mengenai seni atau teknik dalam mengukur, menjabarkan bertujuan untuk memberikan kepastian dari beberapa Informasi yang mana memiliki fungsi sebagai acuan utama dari para pengguna Akuntansi di antaranya seperti Manajer, Keuangan, Audit agar menjadi suatu kepastian yang jelas.

Sedangkan mengenai pengertian akuntansi menurut para ahli berbeda dengan penjelasan di atas meski ada sedikit keterkaitannya yakni akuntansi adalah sebuah seni atau keahlian, seni pada estimasi, korespodensi serta mengartikan atau menjabarkan mengenai anggaran. Pemahaman yang lebih detail lagi mengenai Akuntansi adalah berupa estimasi gerakan, interpretasi dimana menawarkan suatu kepercayaan terhadap Informasi, data yang dapat membantu para ahli di bidangnya serta berbagai Profesi di dalam sebuah Instansi atau usaha milik sendiri di antaranya seperti Keuangan, Brooker, Manajer, Direktur, Asosiasi, Yayasan, Kepala Bidang, Staff Manajamen dan lainnya.

Agar pengertian Akuntansi dapat di mengerti semakin dalam, ternyata jika di definisikan pengertian Akutansi menurut Para Ahli memiliki pendapat yang berbeda-beda. Berikut uraian dari berbagai para Ahli mengenai Pengertian Akuntansi.

12 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

1.Smith Skousen, ABP Statement No.4  (1995 : 3)

Beliau menturkan bahwasanya Akuntansi adalah sebuah kegiatan yang berupa jasa, dimana pada dasarnya menyediakan berupa Informasi kuantitatif, khususnya yang memiliki sifat bertujuan mengambil keputusan ekonomis dan menawarkan keputusan berbagai pilihan yang logis di antara dari beberapa tindakan alternative.

2. American Insitute of Certified Public Accounting (AICPA)

Akuntansi memiliki pengertian yakni suatu seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran menggunakan beberapa cara tertentu berdasarkan dari berbagai ukuran seperti moneter, transaksi serta berbagai kejadian yang biasanya terkait dengan keuangan termasuk di dalamnya menafsirkan hasilnya. Selain itu dapat meringkas dengan cara tertentu dari berupa ukuran yang fiscal, pertukaran serta kesempatan yang biasanya memiliki sifat moneter dan dalam menjabarkan hasil.

3. American Acounting Association (AAA)

Akuntansi adalah suatu proses pengidentifikasian, mengukur serta melaporkan dari berbagai Informasi mengenai Ekonomi agar mendapatkan hasil dari berbagai penilaian, keputusan yang jelas serta tegas unutk semua yang menggunakan Informasinya tersebut.

4. Charles T. Horngren, dan Walter T.Harrison (Horngren Harrison,2007:4)

Berliau berpendapat bahwanya Akuntansi memiliki arti berupa sistem informasi yang mengukur dari kegiatan suatu bisnis lalu memprosesnya menjadi dalam bentuk laporan serta hasilnya di komunikasikan kepada para para pimpinan atau pengambil keputusan.

5. Warren dkk (2005:10)

Salah satu Para Ahli yang bernama Warren Dkk menjelaskan bahwasanya Akuntansi memiliki arti dan dapat di definisikan sebagai suatu system Informasi yang menghasilkan laporan dimana sangat di butuhkan oleh berbagai pihak yang memiliki kepentingan terhadap aktivitas ekonomi serta Kondisi dari perusahaan tertentu”

6. Littleton (Muhammad, 2002:10)

Ia menjelaskan bahwasanya Akuntansi memiliki tujuan utama yakni sebagai kebutuhan dalam melaksanakan perhitunan periodic antara biaya (usaha) serta hasil (prestasi). Sedangkan di lihat dari definisinya akuntansi merupakan inti berdasarkan teori akuntansi itu sendiri dan berupa ukuran yang di jadikan sebagai sebuah rujukan untuk mempelajari akuntansi.

7. Rudianto

Pengertian Akuntansi adalah suatu system Informasi yang dapat menghasilkan berupa laporan terhadap berbagai pihak yang memiliki kepentingan terkait dengan  aktivitas ekonomi dan kondisi suatu dari badan usaha.

8. Suparwoto L (1990 : 2)

Ia menjelaskan mengenai akuntansi bahwa memiliki pengertian dimana suatu system atau sebuah teknik sebagai pengukur serta mengelola transaksi keuangan serta dapat memberikan hasil dari pengelolaan tersebut kedalam bentuk informasi terhadap berbagai pihak intern dan ekstern perusahaan. Yang di maksud pihak Ekstern adalah investor, kreditur pemerintah, serikat buruh dan lainnya.

9. Arnold

Beliau mendifinisikan mengenai Akuntansi dimana di lihat dari segi Sistem yang dapat memberikan suatu Informasi yang di butuhkan khususnya keuangan terhadap siapapun yang wajib membuat keputusan serta mengendalikan dari penerapan keputusan tersebut.

10. C. West Churman

Akuntansi memiliki arti sebagai pengalaman tertulis yang memiliki kegunaan sebagai pengambilan keputusan serta pengalaman yang tertata dan berharga dalam pembuatan pilihan.

11. Ikatan Akuntan Amerika

IIA atau Ikatan Akuntan Amerika berpendapat bahwasanya Akuntansi memiliki arti yakni suatu potongan, estimasi, serta pelaporan data keuangan, yang berguna sebagai penilaian agar lebi jelas serta tegas untuk individu yang memanfaatkan data.

12. AbuBakar A, & Wibowo

Akuntansi adalah suatu prosedur mengakui, pencatatan dan korespondensi bursa keuangan berdasarkan dari unsure atau organisasi.

Dengan melihat berbagai penjelasan di atas Baik Pengertian Akuntansi Secara Umum atau Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli kita dapat menyimpulkan bahasanya Akuntansi adalah Sebuah Sistem Informasi yang menghasilkan Laporan untuk berbagai Pihak yang memiliki kepentingan tarhadap berbagai kegiatan Ekonomi serta Kondisi Perusahaan sebagai Proses Pencatatan, penggolongan, peringkasan transaksi keuangan serta penginterpretasian hasil proses tersebut. Semoga Bermanfaat

Baca Juga :

12 Pengertian Akuntansi Secara Umum dan Menurut Para Ahli Lengkap | saranailmu | 4.5
Shares