10 Bagian bagian Bunga Beserta Fungsinya Disertai Gambarnya

Posted on
10 Bagian bagian Bunga Beserta Fungsinya Disertai Gambarnya
5 (100%) 1 vote

Bagian bunga yang paling lengkap ada pada bunga sepatu. Nah, bagian bagian bunga tersebut juga memiliki fungsi masing masing yang harus anda ketahui. Bunga merupakan alat reproduksi pada tumbuhan yang bisa berbunga. Tak hanya manusia saja yang memiliki organ reproduksi, namun bunga juga memiliki organ reproduksi, berupa benang sari dengan putik.

Bagian – bagian bunga juga bisa muncul tunggal atau bisa juga bersama-sama pada satu rangkaian. Yang dimaksud dengan bunga majemuk ataupun inflorescence ialah bunga yang muncul bersama-sama. Di beberapa spesies, adanya bunga majemuk ataupun Inflorescence telah dianggap sebagai jenis bunga (tunggal), misalnya bunga Anthurium serta bunga matahari. Adapun bagian bagian bunga bisa anda simak pada ulasan dibawah ini.

Bagian bagian Bunga Beserta Fungsinya

Bagian-bagian bunga termasuk bagian tanaman digunakan dalam menghasilkan biji. Apalagi pada bunga juga berlangsung proses penyerbukan dan pembuahan. Sesudah proses pembuahan, maka bunga akan berkembang lebih lanjut kemudian membentuk buah. Adapun pada tumbuhan berbunga, bagian buah adalah struktur yang membawa serta yang melindungi biji.

Beberapa fungsi bagian bagian bunga bisa anda simak pada ulasan dibawah ini.

Fungsi Biologi

Fungsi biologi pada bunga ialah sebagai organ seksual ataupun sebagai wadah gamet jantan dengan betina menyatu dalam menghasilkan biji.

Warna Cerah Bunga

Fungsi bunga yang berikutnya adalah memiliki warna yang cerah. Dengan warna cerah tersebut, maka hewan hewan akan terpikat dan membantu penyerbukan pada bunga tersebut.

Mengeluarkan Aroma Yang Khas

Ada beberapa bunga yang menghasilkan panas serta mengeluarkan aroma khas sebagai pengikat hewan untuk membantu penyerbukan bunga tersebut.

Bagian-Bagian Bunga

Bunga juga memiliki bagian bagian yang harus anda ketahui. Beberapa bagian penting bunga seperti yang sudah dijelaskan dibawah ini.

1. Benang Sari

Bagian bunga yang pertama adalah benang sari. Bagian ini merupakan bagian reproduksi jantan dari bunga. Pada benang sari juga mempunyai beberapa bagian yakni tangkai sari, kepala sari, dan ujung tangkai sari. Umumnya bunga juga terdiri atas 4 kotak sari yakni mikrosporangia.

Pertumbuhan mikrosporangia dengan spora haploid berada dalam serbuk sari. Selanjutnya serbuk sari yang sudah dihasilkan tersebut akan dilepaskan serta jatuh ataupun terbawa angin, air serta hewan sampai ke putik bunga serupa ataupun ke putik bunga lain. Terbawanya serbuk sari tersebut mengakibatkan terjadinya penyerbukan.

2. Tangkai Bunga

Berikutnya ada tangkai bunga yang merupakan bagian bunga yang berada di bagian bawah bunga. Nama latin tangkai bunga adalah Pedicellus. Fungsinya beda dengan induk tangkai. Letak tangkai bunga berada di bawahnya bunga paling terakhir antara bagian-bagian bunga lainnya. Bisa dikatakan juga bila tangkai bunga adalah penghubung tangkai bunga dan ranting. Tangkai bunga juga termasuk tempat untuk kita memetik bunga.

Baca Juga :   12 Sistem Anatomi Tubuh Manusia, Fungsi dan Penjelasan Lengkapnya

3. Dasar Bunga

Berikutnya bagian bunga berupa dasar bunga yang letaknya ada di atasnya tangkai bunga maupun di bagian bunga yang bawah. Dasar bunga juga termasuk bagian bunga yang ada setelah tangkai bunga ataupun ada di ujung bunga. Nama bahasa latin dari dasar bunga ialah Receptacle. Fungsi dasar bunga ialah sebagai tempat meletakkan bagian mahkota bunga lainnya.

4. Kelopak Bunga

Berikutnya ada kelopak bunga yang berada pada bunga paling luar berfungsi menyelimuti mahkota saat bunga masih kuncup. Fungsi kelopak bunga untuk melindungi mahkota bunga ketika sedang kuncup kemudian bagian ini akan terbuka bila mahkotanya mulai mekar. Kelopak bunga berwarna menyerupai daun.

Ketika bunga mulai mekar, kelopak bunga pun akan ikut membuka. Saat bunga mulai mekar sempurna, maka otomatis kelopak bunga juga ikut mekar membentuk mirip bunga, namun warnanya hijau daun.

5. Mahkota Bunga

Berikutnya ada mahkota bunga yang merupakan bagian bunga yang terindah. Biasanya warna mahkota bunga ini bukan hanya satu macam saja tetapi berwarna warni. Bagian ini juga sebagai perhiasan bunga. keindahannya mampu menarik serangga agar hinggap serta membantu proses penyerbukan bunga tersebut.

Nama latin mahkota bunga ialah corolla. Biasanya coraknya juga beraneka ragam. Hal ini membuat serangga banyak yang menjadikannya sebagai sasaran utamanya untuk mendapatkan benang sari. Fungsi tangkai daun bunga ini ialah sebagai pelindung. Tangkai daun bunga ini ada pada pangkal tangkai bunga.

6. Daun Pelindung (Brachtea)

Berikutnya adalah bagian pelindung bunga ataupun bagian bunga yang berbahasa ilmiah Brachtea. Bagian ini ialah bagian yang beda dengan kelopak bunga. Sebab daun pelindung tersebut adalah daun terakhir sebagai tempat tumbuhnya bunga. Sehingga pada ketiak daun ini, sang bunga pun dapat berkembang dan tumbuh.

7. Kepala Putik (Stigma)

Bagian bunga yang selanjutnya adalah kepala putik ataupun bagian bunga bernama ilmiah stigma. Fungsi bagian bunga ini ialah sebagai tempat melekat serta masuknya polen dari kepala sari. Lalu polen tersebut akan ditransfer pada bagian ovarium ataupun inti telur bunga lewat tabung serbuk sari.

8. Tangkai Putik (Stilus)

Bagian bunga yang bernama latin stilus atau tangkai putik ini memiliki fungsi untuk penyangga kepala putik supaya tetap ada di posisinya. Sementara pada tangkai putik sendiri ada rongga ataupun saluran tabung serbuk sari. Tepat ini digunakan sebagai jalan polen dari kepala sari dan selanjutnya diteruskan menuju pada inti generatif ataupun ovarium sehingga terjadi pembuahan.

9. Bakal Buah (Ovarium)

Berikutnya ada ovalium atau disebut sebagai bakal buah. Fungsi ovalium ialah tempat terjadinya pembuahan. Di bagian ini juga terjadi proses dimana peleburan gamet jantan dan gamet betina. Proses tersebut juga akan menghasilkan berupa bakal buah.

10. Bakal Biji (Ovulum)

Bakal biji atau ovulum adalah tempat terjadinya pembentukkan biji yang nantinya menghasilkan biji matang. Ovulum juga berperan aktif untuk perkembangan ataupun pelestarian tanaman supaya generasi tanaman tersebut tetap ada sampai nanti.

Itulah pembahasan mengenai bagian bunga yang harus diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca juga: